Main Area

pesparawi xiii
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng

Main

9 Kepala Kampung Demo Damai Tuntut Pemda Akomodir Putusan PTUN Jayapura

Timika,TabukaNews.com -  Puluhan warga mewakili 9 Kepala Kampung melakukan demo damai di Kantor Sentra Pemerintahan Kabupaten Mimika atas  gugatan SK Bupati Mimika Nomor 149 Tahun 2020 tentang pelantikan Kepala Kampung, Senin (01/02/2021).

Dari data yang diperoleh 9 Kepala Kampung yang melakukan aksi demo damai di kantor Sentra Pemerintahan diantaranya Kepala Kampung Ilaria,Tunas Matoa, Walani, Wangirja, Utikini II, Noselanop, Jongkogama, Bintang Lima dan kepala Kampung Damai.

Aksi demo damai yang dilakukan oleh 9 Kepala Kampung menuntut Pemda Mimika mengakomodir Putusan PTUN Jayapura Nomor 19/G/2020 Tanggal 17 November.

Koordinator Aksi Max E Yikwa kepada wartawan usai aksi demo mereka melakukan aksi demo tersebut bersama dengan masyarakat menuntut kebenaran atas putusan dari PTUN Jayapura.

"Kita demo mau tuntut keadilan dan kebenaran jangan hukum jangan tajam kebawa tumpulnkeatas,"ujarnya.

Max mengatakan,mengapa putusan PTUN Jayapura tidak ditindaklanjuti Pemda Mimika. Menurutnya, mereka sudah memenangkan gugatan sehingga harus segera dilantik.

"Ini kan Negara hukum Jangan buatkan putusan semaunya tapi tidak berdasarkan hukum. Pemilihan sudah sesuai aturan, undang-undang sudah jelas tapi daerah tidak laksanakan. Kami sudah menang, pemda harus akomodir,"ujarnya.

Aksi demo damai dari 9 Kepala Kampung tersebut diterima oleh PLT Sekda Mimika Jenni Usmani didampingi Staf Khusus Max Werluken.

Adapun putusan PTUN Jayapura diantaranya,Pertama, Pemda Mimika harus segera laksanakan putusan PTUN Nomor 19/G/2020. Kedua, segera lantik kepala-kepala kampung yang namanya tertera dalam putusan tersebut.

"Ketiga, kami akan lakukan lagi unjuk rasa jika dalam 10 hari Pemda Mimika tidak akomodir tuntutan kami," tegasnya.

Plt Jenni Usmani kemudian menerima tuntutan yang disampaikan. Usmani mengatakan akan melanjutkan tuntutan tersebut.

"Terimkasih, aspirasinya saya terima namun saya harus jelaskan bahwa yang bapak ibu gugat adalah Pemda Mimika dan ini hasil keputusan PTUN namun kami juga sedang melakukan prosedur hukum. Jadi semuanya berproses sesuai aturan hukum yang berlaku di negara ini," tandasnya.(Tim)

 

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika