Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

YPMAK Resmi Miliki Badan Pengurus Inti

Hasil pengumuman pemilihan badan pengurus YPMAK saat konferensi pers oleh tim 25/ Foto: Tim/Tabukanews.com

Timika, TabukaNews.com -Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) resmi memiliki Badan pengurus periode 2019-2024, setelah terpilihnya pengurus inti yakni Direktur, wakil direktur hingga sekertaris berdasarkan suara terbanyak musyawarah dan mufakat. Jumat (22/11) di  Hotel Horison Ultima, jalan Hasanuddin timika – Papua.

Proses pemilihan tersebut Febian Magal, S. IP, M. Si terpilih sebagai Direktur dengan jumlah suara 15 suara, sedangkan Nur Ihfa S Karupukaro terpilih sebagai Wakil Direktur Perencanaan dan Program dengna jumlah suara 12 suara, Wakil Direktur Pemantauan dan Evaluasi Program Johan Olievier Wambrauw, S. Pd, MM dengan jumlah suara 16 suara, dan Johana Juliana Saidui sebagai Sekertaris YPMAK dengan jumlah suara 14 suara.

Ketua Tim Transisi Bidang Pembentukan Yayasan Baru Emanuel Kemong kepada awak media Timika di Hotel Horison Ultima Timika mengatakan, Timnya telah memutuskan dan menetapkan Direktur YPMAK beserta 4 wakilnya melalui voting secara musyawarah dan mufakat setelah melalui proses seleksi yang terbuka.

"Proses pemilihan dilakukan secara transparan dan sesuai mekanisme dan memutuskan Febian Magal, S. IP, M. Si, sebagai Direktur YPMAK wakil direktur bidang perencanaan adalah saudari Ihfa S Karupukaro, Wakil Direktur Evaluasi dan monitoring Johan Wambrau, dan sekertaris YPMAK adalah saudari Johana Saidui," kata Emanuel Kemong.

Mewakili Managament PT Freeport Indonesia Senior Vice President Community Affairs, Claus Wamafma mengatakan, terpilihnya badan pengurus YPMAK sejatinya telah dilakukan sejak beberapatahun lalu. Hanya saja berbagai masalah dialami oleh pihak Freeport dan LPMAK sehingga baru dilaksanakan proses pada pertengahan 2019.

Dalam rangkaian tahapan yang dilakukan tim seleksi memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi publik di Kabupaten Mimika untuk mengikuti proses ini dan terutama putra putri Amungme dan Kamoro untuk mengambil bagian dalam proses ini

"Ini adalah proses yang panjang dan sudah berjalan sejak 3 tahun lalu tapi karena ada banyak dinamika yang terjadi sehingga pemilihan ini baru terlaksana ditahun ini," kata Claus.

Ia juga menambahkan, Management PT Freeport tetap berkomitmen untuk memberikan dana kemitraan kepada pihak YPMAK untuk melakukan pengembangan masyarakat dalam bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi hingga tahun 2041 atau 21 tahun lagi, apalagi sebagian saham milik pemerintah sehingga diharapkan setiap program bisa menyentuh langsung kepada masyarakat, dengan menggandeng pihak Pemerintah dan lembaga lain dan bisa mempertanggung jawabkan apa yang telah dibuatnya.

"Terkait dukungan Freeport, yang pertama saya mau memastikan dan mengulang komitmen dari perusahaan untuk dana kemitraan ini akan tetap diberikan sampai akhir pertambangan yaitu 2041," tambahnya.

Ia berharap, kedepan dengan adanya YPAMK bisa membangun dari kampung, yang mana anggaran yang ada dipercayakan kepada masyarakat untuk mengelola, dengan adanya sebuah perencanaan, nantinya akan di lakukan monitoring dan evaluasi oleh YPMAK.

"Jadi kita punya harapan besar agar dana-dana yang besar ini bisa langsung dikelola oleh masyarakat dikampung," harapnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama mewakili Lembaga Adat Yohanis Kasamol mengatakan, semua pihak harus menerima kemenangan dan kekalahan. pemilihan pimpinan YPMAK ibarat kompetisi. Artinya dari beberapa tim yang ada satu diantaranya akan keluar sebagai yang terbaik. Sama halnya dengan pemilihan pimpinan YPMAK saat ini.

"Kita dalam bermain bola tidaklah mungkin kedua tim harus menang, tapi hanya satu tim yang menang, kalau yang menang mereka harus terus berjuang dan berjuang untuk mempertahankan kemenangan itu dan bagi yang kalah dia wajib berusaha dan berupaya untuk mempersiapkan diri untuk kedepan menjadi terbaik, jadi pengalaman menjadi guru yang baik," kata Yohanis Kasamol.

Kuasa Hukum YPMAK yang tergabung dalam Tim 25 Eus Berkasa, SH, MH mengatakan, proses pemilihan yang telah dilakukan sejak 5 bulan lalu hingga saat ini telah berjalan dengan baik dan benar mulai dari proses pengumuman penerimaan tercatat sebanyak kurang lebih 100 pelamar yang mengikuti proses seleksi baik, tes administrasi, lisan dan tertulis, Psikotes, wawancara mendalam, tes kesehatan dan tes akhir.

"Kami pastikan bahwa proses ini (pemilihan) berjalan dengan baik dan benar," kata Eus dalam konferensi pers di Hotel Horison Ultima Timika, Jumat (22/11).

Ia menjelaskan, dari kurang lebih 100 pelamar. Namun yang lulus hingga tahap akhir berjumlah 8 capim YPMAK yang mengikuti seleksi. Diantaranya Vebian Magal, S. IP, M, Si, Maria Florida Kotorok, SE, MH, Kes, dan Dominikus Mitoro, untuk posisi Direktur, sedangkan Antonius Kemong, S. IK, Kristianus Ukago, Nur Ifha S Karupukaro untuk posisi Wakil Direktur Perencanaan Program, Yohan Oliever Wambrauw, S. Pd, MM untuk posisi Wakil Direktur Pemantauan dan Evaluasi Program, dan Johana Juliana Saidui untuk posisi sekertaris.

"8 orang itu terdiri dari 3 orang posisi direktur, 3 orang posisi wakil direktur perencanaan dan program, satu orang posisi wakil direktur pemantauan dan evaluasi dan satu orang sekertaris," jelasnya.

Usai pemilihan pimpinan YPMAK, selanjutnya tim hukum akan mendaftarkan YPMAK beserta badan pengurus kepada Kemenkumham RI untuk disahkan.

"Jadi hasil yang sudah diperoleh kami akan daftarkan ke Kemenkumham untuk mendapatkan pengesahan, sehingga mereka mulai tahun ini juga mereka sudah melaksanakan tugas dan tanggung jawab mereka," ungkapnya. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika