YPMAK Latih Tim Pokja Program Kampung Selama 2 Hari

 YPMAK Latih Tim Pokja Program Kampung Selama 2 Hari

Timika, Tabukanews.com - Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) selaku pengelola dana kemitraan Freepor, telah usai memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembuatan Laporan Pertanggung Jawaban dan Program Kampung bagi Tim Pokja Dataran Tinggi dan Pesisir Tahap 2. Acara digelar selama 2 hari, Selasa dan Rabu tanggal 21 dan 22 Juni 2022 di Gedung MPCC Jalan Agape.

Pelatihan Ilmu pembukuan keuangan secara ringkas dan sederhana beserta contoh-contoh konkritnya itu diberikan Divisi Keuangan YPMAK dengan harapan dapat membantu Tim Pokja Kampung baik di dataran rendah (lowland) dan dataran tinggi (highland), dalam menyiapkan Laporan Pertangungan Jawab (LPJ) program tahap kedua tahun 2021 ini.

Pada penutupan kegiatan, Direktur YPMAK, Vebian Magal, mengungkapkan apresiasinya atas antusiasme yang tinggi keikutsertaan warga yang sebelumnya telah terpilih sebagai Tim Pokja Program Kampung YPMAK itu.

Menurutnya, keberhasilan pengelolaan Program Kampung beserta keuangannya berada pada para Tim Pokja peserta Bimtek yang telah dibekali dengan pengetahuan tersebut. Ia mendorong agar personil Tim Pokja terus mau belajar dan mengembangkan kemampuan pribadi berdasar ilmu yang telah diberikan, sehingga Program Kampung bisa berjalan berkelanjutan.

Direktur yayasan pengelola dana kemitraan dan PT. Freeport Indonesia itu berharap masyarakat bisa terus berkembang menjadi bukan hanya sekedar objek pembangunan tapi juga sebagai subjek atau pelaku sehingga pembangunan berkesinambungan dapat terjadi di setiap kampung di seluruh wilayah sasaran program yang terdiri dari 56 Pokja di Lowland dan 8 Pokja di Highland.

Tak lupa Vebian juga mengimbau agar para peserta Bimtek dapat turut membagi ilmu kepada tim Pokja lain yang tidak berkesempatan hadir.

Sementara itu Sekretaris YPMAK Yohana Saidui mengungkapkan, pihaknya mendorong agar Tim Pokja bergerak cepat mengeksekusi Program Kampung YPMAK. Tidak boleh berlama-lama di Kota, tapi langsung pulang ke kampung setelah pencairan dana dari bank dan belanja untuk start awal program.

Ia berharap program tahap 2 tahun 2021 ini bisa cepat selesai dan Tim Pokja memasukkan pelaporan, sehingga diestimasi bulan Agustus 2022 ini bisa segera dilanjutkan dengan Program Kampung YPMAK tahun 2022 tahap 1.

Usai penutupan, dilakukan sesi bersama serta ramah tamah dan pemberian uang pengganti transport per tim Pokja. Selain Direktur Vebian Magal dan Sekretaris Yohana Saidui, turut hadir Wakil Direktur Program dan Monev YPMAK Nur Ihfa Karupukaro, Ketua Badan Pembina YPMAK Nathan Kum, Kepala Divisi Ekonomi Billy Korwa, Kepala Divisi Keuangan Edison Wanggai serta pejabat YPMAK lainnya. (Manu)

Idul Fitri 1 Syawal 1443 H

dprd kabupaten mimika
keluarga johannes rettob
bpkad kabupaten mimika
kesbangpol kabupaten mimika
perhubungan kabupaten mimika
dprd kabupaten mimika
tanaman pangan kabupaten mimika
pendapatan daerah kabupaten mimika
tp-pkk kabupaten mimika
kampung nawaripi

Tentang Kami

Memberikan informasi yang benar karena kami Berpihak Pada Kebenaran yang Jernihnya Nyata