Main Area

keluarga besar johannes rettob
keluarga besar tabukanews

Main

YPMAK Biayai 3.000 Peserta Beasiswa

Timika, TabukaNews.com - Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) dengan konsisten menjalankan pelayanan pendidikan dengan program beasiswa. Tercatat ada sebanyak 3 ribu lebih penerima manfaat beasiswa YPMAK, yang terdiri dari jenjang studi SD sampai perguruan tinggi.

Kepada media Rabu (1/12/2021) di Hotel Horizon Ultima Jalan Hassanuddin, Kepala Divisi Program Pendidikan YPMAK Fransiskus Wanmang mengungkapkan, para peserta didik YPMAK menjalani program beasiswa tersebar baik di Kabupaten Mimika, di Pulau Papua, Sulawesi dan Jawa serta ada dua orang di Negara Jerman.

Sesuai panduan pendidikan YPMAK, para peserta program beasiswa YPMAK di bangku kuliah Strata 1  diberi tenggat waktu 4 tahun, dengan nilai standart universitas bersangkutan untuk menyelesaikan studinya.

Lebih lanjut Wanmang menjelaskan, di tahun 2021 ini, YPMAK tidak membuka rekrut baru beasiswa, namun tetap melanjutkan pembiayaan bagi peserta didik yang lulus SMA masuk ke perguruan tinggi. Hal ini sebagaimana keputusan dari rapat Badan Pembina YPMAK. Namun tidak menutup kemungkinan rekrut baru bisa dilakukan di tahun mendatang, sesuai keputusan rapat tertinggi yayasan pengelola dana kemitraan dari PT. Freeport Indonesia itu.

Fransiskus Wanmang Kepala Divisi Program Pendidikan YPMAK menambahkan, pihaknya terus melakukan evaluasi secara menyeluruh khususnya bagi program pendidikan yang dijalankan YPMAK. Setiap tahun YPMAK melakukan monitoring dan evaluasi dengan turun ke lapangan untuk melihat secara langsung perkembangan peserta beasiswa. 

Untuk mengawasi para peserta tersebut YPMAK bekerjasama dengan pihak sekolah sebagai mitra dan juga dengan Yayasan Binterbusih Semarang.

Hal ini agar memastikan tugas belajar dilakoni dengan baik oleh para peserta beasiswa YPMAK mulai dari jenjang pendidikan SD, SMP SMA dan Perguruan Tinggi.

Frans juga mengatakan, dalam pemberian beasiswa YPMAK juga telah memperhitungkan bahwa hanya memberikan beasiswa bagi program jurusan yang life skill-nya cocok dengan tuntutan dunia kerja di saat ini di Kabupaten Mimika, sehingga diharapkan saat sudah selesai kuliah peserta beasiswa YPMAK dapat segera masuk dan berkarya di dunia kerja nyata. (Manu)

2022 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika