Main Area

Main

YM dan HM Masih di Periksa, Polda Papua Fokuskan Pleno Rekap

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Polisi Ahmad Kamal/ Foto : dok Tabukanews.com

JAYAPURA-Tabukanews.com- Terkait dengan tangkap tangan oleh Bawaslu, kita masih fokus proses rekapitulasi, soal temuan pelanggaran nanti menunggu rekomendasi Bawaslu kepada pihak Gakumdu.

“Persoalan ini masih berkaitan dengan tindak pidana pilkada, kita menunggu rekomendasinya seperti apa nanti,” kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Polisi Ahmad Kamal, saat dikonfirmasi Tabukanews.com, Minggu (8/7) siang di sela pengamanan Pleno Rekapitulasi Pilgub Papua di Grand Abe Hotel.

Kata Kabid Humas, menambahkan hingga saat ini  YM (PPD, red) dan HM ( Cabup,red) masih dalam proses pemeriksaan, pasca diamankan pihak Bawaslu yang didampingi Kapolres dan Dandim 1710/Mimika, Sabtu (7/7) malam,

Soal barang bukti yang ditemukan di lokasi pengrebekan, kata Kabid Humas, menjadi barang sitaan, apakah nanti dari hasil pendalamannya, dana itu dipergunakan untuk barter dan sebagaimanya itu masih di dalami.

“Jadi uang itukan Rp100 juta untuk siapa dan dimana, nanti kita terlusuri dulu, nanti diungkap dulu,” katanya

Sementara soal pelaksanaan Pleno di Kabupaten Jayawijaya serta berkaitan dengan aksi massa pendukung salah satu Paslon, menurut Kabid Humas mengatakan saat ini kepolisian masih konsentrasi pada pelaksanaa Pleno Rekapitulasi tingkat Kabupaten Jayawijaya yang masih tertuda. “ Memang rencananya pukul 15.00 Wit ini akan dilakukan pleno jadi kita masih fokus ke situ dulu,” kata Kabid Humas.

Kata Kabid Humas,  insiden pengrusahan rumah Wakil Bupati Jayawijaya semalam, merupakan bias dari ketidak puasan terhadap pleno rekapitulasi tingkat KPUD Jayawijaya pada siang harinya. "itu ada pidana murninya. Kalau pelaku pengrusakan rumah wakil bupati itu pidana murni dan polisi masih mendalami kasusnya ini,” katanya

Terlepas dari itu, terkait dengan pleno rekapitulasi Pilkada Papua tingkat Provinsi Papua, kata Kabid Humas, pihak kepolisian dan TNI menyiapkan 350 personil aparat keamanan. “ya nanti kita akan stay disini tiga hari, terhitung sejak hari ini,” katanya singkat. (tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika