Main Area

pesparawi xiii
DPRD Kabupaten mimika, Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020

Main

Wujudkan Pemilu Aman, Diperlukan Keterlibatan Semua Pihak

Ketua KPU Kabupaten Mimika Indra Ebang Ola/Foto: Ricky Lodar

Timika, Tabukanews.com - Ketua KPU Kabupaten Mimika Indra Ebang Ola mengatakan, terlaksana pemilu presiden dan legislatif telah berlangsung di Kabupaten Mimika dalam kondisi aman dan lancar berkat dukungan semua pijak, namun terjadi sedikit kendala dalam pelaksanaan rekapitulasi mengalami skorsing yang lama karena adanya sinkronisasi data yang valid sehingga bisa mewujudkan pemilu yang transparan dan akuntabel.

Tugas yang diemban KPU sebagai penyelenggara dalam menjalankan pemilu yang sesuai mekanisme dan harapan bersama sangatlah berat sehingga perlu keterlibatan semua pihak TNI Polri, tokoh agama, tokoh masyarakat yang terlibat langsung dalam pelaksanaan sehingga pemilu bisa berjalan dengan baik.

"Pelaksanaan pemilu yang sesuai mekanisme transparan dan akuntabel diperlukan keterlibatan semua pihak, TNI Polri, tokoh agama dan tokoh masyarakat," kata Indra.

Ia mengakui, molornya waktu penetapan rekapitulasi penghitungan suara di tingkat PPD ke tingkat Kabupaten lantaran masalah SDM, dan tidak ada korelasi data dari tingkat PPD ke tingkat kabupaten sehingga menyebabkan waktu skorsing yang cukup panjang, sehingga untuk menetapkan hasil penghitungan suara memakan waktu yang lama.

Oleh sebab itu, untuk melahirkan pemilu yang demokratis, jujur dan adil sehingga dilakukan skorsing untuk mensinergikan data antara PPD, Pandis dan KPU yang bertujuan untuk mengantisipasi manipulatif data

"Terkait dengan jadwal dan tahapan rekapitulasi di tingkat distrik hingga Rekapitulasi di tingkat kabupaten, emang dalam perjalanan terjadi skorsing yang juga membutuhkan durasi waktu yang cukup panjang, hal ini masalah ada di SDM, karena berkaitan dengan form-form," akunya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat, pihak Kepolisian dan TNI yang telah mempercayakan tanggung jawab sebagai penyelenggara dalam melaksanakan pemilu dengan mengedepankan asas keadilan dan prinsip kemandirian dalam melaksanakan pemilu presiden dan legislatif tahun 2019.

"Tentunya terima kasih kepada publik yang memberi kepercayaan kepada kami untuk melaksanakan tugas keadilan dan prinsip kemandirian," tuturnya.

Ia menambahkan, jika ada hal-hal yang kurang pas dari sisi teknis maupun non teknis bisa saja melalui prosedural dengan melaporkan kepada Bawaslu atau Gakumdu apabila ada indikasi pidana, perdata dan kode etik, dengan tujuan untuk memenuhi keinginan publik sesuai dengan aturan mekanisme dan UU pemilu.

"Kalau tidak puas segera melaporkan kepada Bawaslu atau Gakumdu sesuai mekanisme yang ada apabila ada indikasi pidana, perdata maupun kode etik," tambahnya.

Dirinya berharap sebagai penyelenggara ditingkat Kabupaten hingga ke tingkat PPS agar melaksanakan tugas dan fungsi dengan sebaik-baiknya dengan mengedepankan asas kejujuran dan prinsip kemandirian.

"Yah. Harapan, kami penyelenggara baik tingkat bawa sampai KPU bisa bekerja sesuai tugas dan fungsi," harapnya. (Jrl).

DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika