Main Area

Main

Wiranto : Kerusuhan Wamena Bukan Dilakukan Oleh Masyarakat Papua

Menkopolhukam,didampingi Panglima TNI,foto bersama dengan warga pengunsian dari Wamena dan Ilaga/Foto:Tim/TabukaNews.Com

Timika,TabukaNews.Com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI Wiranto, mengatakan bahwa kerusuhan yang terjadi di Papua itu bukan dilakukan oleh masyarakat Papua yang suka damai,  tapi dilakukan oleh oknum-oknum tertentu yang ingin mengacaukan Papua.

"Oknum-oknum itu dengan tujuan mengacau papua, memisahkan kita antar suku , membuat kekacauan supaya saudara-saudara mengunsi," kata Wiranto dalam kegiatan Tatap Muka Menkopolhukam beserta rombongan dengan pengunsi dari Wamena dan Ilaga yang berlangsung di Rimba Hotel Papua (RPH), Kabupaten Mimika, Papua, Rabu (9/10).

Wiranto menegaskan, bahwa oknum-oknum tertentu yang melakukan kerusuhan kini tengah dikejar pihak kepolisian untuk mempertanggungjawabkan perbuatan itu.

"Jadi jangan menganggap orang Papua itu jahat, tapi oknum-oknum tertentu. Kita tetap saudara, sahabat sebangsa setanah air," tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wiranto berharap agar warga pengungsian yang masih berada di Timika untuk menjaga kesehatan sehingga bisa kembali lagi ke Wamena maupun Ilaga.

"Sebenarnya Presiden sangat ingin bertemu sekali dengan saudara-saudara sekalian, tetapi kita tahu beliau sangat sibuk, menjelang pelantikan, "ucapnya.

Disampaikan juga bahwa sebelum ke Timika, rombongan sudah  bertemu dengan warga pengungsi di Wamena dan di Sentani.

"Kita bicara dari hati ke hati dan kebanyakan mereka ingin tetap tinggal di papua melanjutkan kehidupannya, melanjutkan pekerjaannya sebagaimana mereka harapkan dapat hidup rukun dengan masyarakat Papua,"ungkapnya.

Lanjutnya,bahwa kehidupan dan membangun suatu keluarga yang damai dan hidup rukun bersama masyarakat Papua, itu adalah harapan mereka.

"Tentu saja akan dijamin keamanan, makanya disini hadir Panglima TNI,Kapolri yang akan melihat ,memantau keamanan di daerah yang rusuh kemarin. Walaupun tadi dijelaskan kalau sudah aman tapi sekarang biarlah disini dulu, tentu ada upaya untuk memastikan tempat saudara bekerja disana sudah aman,"ungkap Wiranto.

Wiranto juga mengatakan,bahwa apabila situasi normal dan aman warga pengunsian bisa kembali untuk melanjutkan kehidupannya.

"Walaupun di Ilaga jauh dari Toraja,jauh dari tanah Jawa tapi tumpah darah kita tetap Indonesia. Sama saja juga banyak masyarakat Papua yang datang ke Jawa ,ada yang datang ke pulau-pulau yang ada di Indonesia, mereka juga diterima dengan baik dan kita anggap sebagai saudara," katanya. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika