Main Area

Main

Waspada Rokok Elektrik Mengandung Narkoba, BNNK Panggil Penyedia

Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Mimika KompolMursaling, SH. MH/Foto: Tim

Timika, Tabukanews.com - Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Mimika KompolMursaling, SH. MH mengatakan, pihaknya akan memanggil beberapa penyedia rokok elektrik yang ada di Kabupaten Mimika setelah adanya penemuan di kota-kota besar adanya bahan sintetik yang diduga mengandung narkoba.

"Jadi memang tokok elektrik ini, kalau di kota-kota besar itu sudah ditemukan rokok elektrik yang mengandung bahan sintetis THC ganja (narkoba)," kata Kepala BNNK Mimika saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (16/10)

Ia menjelaskan untuk memastikan rokok elektrik yang dikirim ke Timika bebas dari bahan sintetik yang mengandung narkoba jenis ganja, pihaknya akan bekerjasama dengan Sat Reskoba Polres Mimika untuk melakukan pertemuan dengan pihak penyedia rokok eletrik tersebut.

"Memang rokok elektrik itu sudah masuk di kabupaten Mimika, cuma kita belum bisa pastikan apakah mengandung narkotika atau tidak. Jadi kita akan undang para penjualnya untuk mengantisipasi jangan sampai dari luar masuk ke Timika dan mengandung narkotika," jelasnya.

Ia menambahkan, sebanyak 3 penyedia rokok elektrik yang sudah didata dan diundang untuk pertemuan sebagai upaya pencegahan. Diantaranya, Sky Plane Distro, Portal Vapor, dan Noken Vapor. Sebab, kata dia peredaran narkoba tidak hanya dilakukan melalui penyelundupan saja tapi juga dilakukan dengan cara lain agar tidak tedeteksi oleh pihak kepolisian.

Narkoba yang sering diselundupkan ke Timika tidak hanya dua jenis yaitu narkotika jenis sabu yang mengandung Methampetamin, dan ganja yang mengandung THC, tapi bisa saja di edarkan melakukan rokok elektrik.

"Yang sudah kita data itu ada 3 dan kita undang. Karena kita ketahui jenis narkoba yang diedarkan itu ada 161 narkotika golongan satu, yang selama ini kita temukan di Mimika hanya dua sabu dan ganja yang sering disalahgunakan," tambahnya.

Selain melaksanakan koordinasi, Tim BNNK Mimika melaksanakan uji sample cairan vape yang ada di store dan deteksi dini dengan pemeriksaan urine pemilik store yang juga sebagai pengguna vape aktif, namun hasil pemeriksaan tersebut negatif, sehingga diberikan arahan oleh Kepala BNNK Mimika. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika