Main Area

Main

Waspada Peredaran Barang Kadaluwarsa di Timika

Kadisperindag Kabupaten Mimika Bernadinus Songbes saat melakukan pengecekan produk/Foto: Istimewa

Timika,Tabukanews.com- Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mimika Bernadinus Songbes mengimbau kepada masyarakat Timika agar lebih cermat dan jeli berbelanja terutama produk pangan.

Pada inspeksi mendadak yang dilakukan Tim Gabungan Pengawasan Barang Kadaluwarsa Pemkab Mimika, Rabu (15/5) menemukan masih banyak produk pangan kadaluwarsa yang diperjualbelikan.

"Ini kita bagi tim dan bergerak bersamaan. Pemeriksaan ini berdasarkan perintah pak Bupati melalui pak Sekda untuk meminimalisir barang kadaluwarsa di Bulan Ramadan," kata Kepala Dinas Disperindag Mimika, Bernadinus Songbes yang turun langsung memimpin pemeriksaan.

Padahal Disperindag dan Loka POM Mimika sebelum Ramadan telah turun memeriksa tujuh distributor pangan. Ketika itu, tiga distributor ditemukan masih menyimpan produk pangan kadaluwarsa berjumlah satuan 11.380 dengan nilai ekonomi Rp 101 juta.

Pemeriksaan kali ini, kata Songbes berlangsung selam tiga hari, menyasar kios, toko dan distributor di distrik wilayah Kota Timika. Selain barang kadaluwarsa, Tim Gabungan juga menyita produk pangan dengan kemasan rusak serta yang diduga mengandung bahan berbahaya.

"Barang yang disita akan digabung, diinventarisir dan dievaluasi lalu dilaporkan ke Pak Bupati melalui Sekda. Selanjutnya tim sepakati kapan pemusnahannya," kata Songbes.

Produk pangan yang disita, dicatat jenis dan jumlahnya, termasuk nama pemiliknya lalu dituangkan dalam bentuk berita acara. Berita acara tersebut akan jadi dasar pemberian sanksi pidana terhadap pemilik barang.

"Di dalam tim gabungan ini ada dari Reskrim Polres Mimika. Di dalam surat tugas kita juga sudah jelas diatur sanksinya, pidana. Nanti kami akan rapat, yang menonjol sudah pasti akan kami serahkan ke Reskrim untuk proses pidana," katanya. (Jrl)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika