Main Area

pesparawi xiii
HUT Republik Indonesia Ke 75
HUT Republik Indonesia Ke 75
HUT Republik Indonesia Ke 75

Main

Warga Timika Dihimbau Berdiam di Rumah

 

Timika, Tabukanews.com - Dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan Pembatasan Sosial Diperluas Diperketat (PSDD) di Kabupaten Mimika, warga diminta untuk tetap berdiam dirumah dan mematuhi intruksi pemerintah.

Humas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mimika, Lefinus Siahaya saat ditemui Tabukanews.com di Jalan Serui Mekar, Sabtu (23/5) malam mengatakan, bahwa virus Corona akan berhenti menyebar apabila warga tetap dirumah.

"Virus ini menyebar dari orang ke orang. Kaali warga tetap diam dirumah dan tidak kemana-mana selama dua Minggu, maka virus dengan sendirinya akan mati. Tapi kalau masih kepala batu keliaran diluar, maka penyebaran virus akan terus bertambah," tuturnya.

Dijelaskan, bahwa pemberlakuan PSDD di Kabupaten Mimika bertujuan untuk menekan bertambahnya angka positif Covid 19.

"Aturan ini untuk kebaikan kita bersama. Jadi kalau ada yang melanggar diatas jam yang telah ditentukan, kita akan tindak dengan cara melakukan tes rapid dan kendaraan mereka ditahan. Kita masing-masing punya tupoksi yang berbeda-beda," ujarnya.

Dijelaskan, bahwa untuk menerapkan sanksi bagi warga yang melanggar, pihaknya telah melakukan pembagian tugas kepada masing-masing instansi.

"Bagi pedagang yang masih berjualan ditas waktu yang telah ditentukan, maka yang bertugas melakukan penindakan adalah satpol PP. Sementara untuk warga yang melintas dengan menggunakan kendaraan, akan ditahan di Polres sebagai bentuk efek jera," katanya.

Namun ia memberikan apresiasi kepada warga Mimika yang telah menunjukkan kepatuhan selama penerapan PSDD hingga hari ketiga.

"Saat ini sudah ada 85 persen warga Timika yang patuh pada aturan yang ada. Sudah seharusnya kita semua taat aturan karena ini untuk kebaikan kita bersama," imbuhnya. (Evan)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika