Main Area

pesparawi xiii
DPRD Kabupaten mimika, Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020

Main

Warga Ternate Nyatakan Dukung OMTOB

Warga   Ternate di Kabupaten Mimika saat mengukuhkan Calon Wakil Bupati Jhon Rettob./Foto : Dok tabukanews.com

TIMIKA, TABUKANews.com - Warga   Ternate di Kabupaten Mimika, berkomitmen dan menyatakan dukungan mereka  kepada  pasangan calon (Paslon)  Bupati dan Wakil Bupati,  Eltinus Omaleng, SE MH-Johannes  Rettob (OMTOB) pada pilkada 27 Juni mendatang.

Dukungan warga Ternate Timika terungkap,  saat tatap muka dengan Cabup  dan Cawabup, Eltinus Omaleng-John  Rettob (OMTOB) yang berlangsung di  Kompleks  Belakang Anggrek, beberapa waktu lalu.

Pasangan Eltinus-John Rettob yang didukung 12 Partai Politik (Parpol)  itu, saat tiba dijemput oleh warga Ternate dan Ketua kerukunannya H Hamad Danau memakaikan pakaian adat kepada Calon Bupati dan Wakil Bupati periode 2019-2023.

“Kami keluarga besar Ternate siap mendukung dan memenangkan pasangan OMTOB pada pilkada 27 Juni mendatang ”kata Ketua Kerukunan Ternate,  H  Hamad Danau dalam acara tatap muka tersebut.

Hamad Danau menyampaikan terima kasih kepada Cabup dan Cawabup Eltinus dan John Rettob yang hadir bertatap muka dengan warga Ternate yang ada di Timika.

"Warga Ternate siap mensukseskan pilkada mendatang dan siap juga memenangkan pasangan OMTOB . Kami memang ada  dimana mana tetapi kami tidak kemana mana.  Warga Ternate satu suara untuk menangkan OMTOB,"kata Hamad Danau.

Sedangkan Tokoh Ternate di Timika,  Anwar  meminta pasangan OMTOB bila nanti terpilih menjadi bupati dan wakil bupati dapat memperhatikan lingkungan sekitar lebih khusus jala -jalan yang ada dalam Kota Timika, dan juga ada di kampung-kampung.  Selain itu perhatian utama juga untuk sektor pendidikan serta kesehatan di pedalaman dan pesisir yang masih jauh dari harapan bersama.

Menanggapi permintaan warga Ternate,  Cabup Eltinus Omaleng, mengatakan, pembangunan jalan- jalan serta infrastruktur lainnya seperti pelabuhan, lapangan terbang, air bersih , listrik menjadi  tanggung jawab pemerintah untuk bangun.

"Untuk jalan masuk kompleks  Anggrek sebenarnya dibagun tahun lalu, tapi karena anggaran pemkab mengalami defisit sehingga nanti akan dibagun tahun ini,"kata   Eltinus.

Eltinus mengatakan kurang elbih masa pemerintahannya sekitar tiga tahun, dan bersama John Rettob ketika itu sebagai Kadis Perhubungan dan Infokom sudash membangun beberapa bandara baik di Distrik dan kampung sehingga warga pedalaman dan pesisir mudah mendapatkan  akses transportasi.

Untuk pendidikan dan kesehatan,  Eltinus mengatakan pemerintah telah bekerja sama dengan pihak BPJS Kesehatan untuk pengobatan sehingga kedepan warga Mimika yang sakit ketika berobat tidak bayar lagi. Begitu juga dengan pendidikan ada kebijakan pendidikan gratis.

Sedangkan Cawabup John  Rettob mengatakan,  selama tiga tahun memimpin Dishub Infokom telah membuka lapter pada beberapa distrik dimana yang dulunya sulit mendapat sarana trasnportais sekarang sudah bagus.

"Di Agimuga saat ini, dari Aramsolki ke Kiliarma yang jaraknya kurang kebih 18 km warga tidak lagi jalan kaki, karena sudah  ada trasportasi.  Potowayburu  dimana jalan jalan sudah di tailing dan juga ada angkutan pedesaan.  Kapiraya selain ada lapangan terbang juga sudah ada trasportasi lain seperti mobil, dan memang pemerintah benar-benar serius bangun  pedelaman.

Jika ada petugas masih banyak alasan tidak mau bekerja di pedalaman karena tidak ada transportasi  itu juga sangat keliru. Saat ini saya mau sampaikan fasilitas transportasi sudah disiapkan semua di  Distrik bahkan sampai ke kampung –kampung. Lspangan terbang  bahkan dibangun juag dikampung-kampung.

John menjelaskan,  Bupati Mimika sudah menyerahkan  bantuan trasportasi ke masing-masing  distrik dan kampung.  Namun,  selama ini bukan trasportasinya yang tidak ada,  tetapi jaringan internet yang belum trersedia.

Pada masa pemerintahan Bupati  Eltinus Omaleng, telah dibangun satu titik pertama di Atuka. Saat ini warga telah menggunakan telepon seluler, internet untuk berkomunikasi.  Selain itu pihaknya tengah membangun satu BTS di Kokonau dan tinggal dioperasikan saja. Di Kokonao juga warga sudah bisa pakai untuk telpon.

Untuk sektor pariwisata, John menjelaskan,  pihaknya akan serius bangun tempat-tempat wisata dengan ttujuan membangun perekonomian masyarakat dan perekoniman daerah. Ada satu Kampung di bangian barat yakni  namanya Kampung Ipaya menurut rencana akan dibangun sebagai kampung wisata.  Kampung ini memiliki pantai dan pasirt yang indah, dan hutan mangrove yang bagus sekali. Kemudian ada Gunung Kartenz akan dijadikan sebagai tempat destinasi pariwisata Mimika kedepan.  (tim)

DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika