Main Area

pesparawi xiii
ulang tahun ke 36

Main

Warga Serbu Pasar Murah di Dinas Ketahanan Pangan Mimika

 

Timika, TabukaNews.com -  Warga Kota Timika dan sekitarnya,  ramai ramai menyerbu pasar murah yang digelar Pemda Mimika melalui Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mimika, di halaman kantor Ketahanan pangan, Kamis (12/12),  untuk mendapatkan sembako dengan harga murah dari pasaran. 

Pasar murah dalam rangka menyambut Natal dan tahun baru tersebut sejak pagi sudah memenuhi halaman kantor Dinas Ketahanan Pangan, masyarakat sudah memenuhi stan-stan penjualan sembako untuk mengantri sebelum kegiatan dibuka. 

Untuk pasar murah yang diselenggarakan hanya satu hari tersebut tersebut diikuti oleh 11 distributor barang-barang yang di jual mengutamakan sembilan bahan pokok (Sembako) seperti beras, minyak goreng, telur, ayam, tepung, gula dan bahan dapur seperti cabe dan bawang serrta masih banyak lagi seperti buah-buahan.

Pasar murah tersebut dilakukan untuk membantu tingkat inflasi di Mimika guna meminimalisir dampak dari kenaikan barang yang biasanya meningkat menjelang hari besar keagamaan. Tujuan diselenggarakan pasar murah tersebut adalah sebagai rasa empati dan kepedulian yang tinggi dari Pemkab Mimika pada semua masyarakat Mimika yang akan merayakan hari Natal. 

Selaiun itu juga untuk memperpendek arus distribusi barang kepada masyarakat kurang mampu untuk memenuhi barang kebutuhannya menjelang natal dan Tahun Baru, sehingga dapat merayakan dengan sukacita, kerendahan hati serta penuh damai.

Dalam sambutan pembukaan pasar murah Wabup Johannes Rettob yang membacakan sambutan Bupati Mimika berpesan kepada OPD terutama dinas pertanian agar dapat mendorong peningkatan komiditas taman ini agar tidak pagi terjadi inflasi di mimika karena timika sangat luas lahannya.  OPD harus melihat hal- hal seperti ini ke depan kebutuhan- kebutuhan masyarakat. 

 

“Pemerintah kabupaten mimika berkomitmen untuk terus melaksanakan pengawasan dan memberikan kemudahan kemudahan kepada masyarakat,” tuturnya. 

Wabup juga meminta kepada pedagang dan distributor untuk berdagang dengan baik dan benar, jangan sampai karena ingin mendapatkan untung yang lebih,  maka terjerat kasus hukum.  Begitu juga kepada masyarakat yang hadir untuk tidak takut melaporkan kepada pihak berwajib jika melihat penyelewengan bahan pangan.

 Selain itu bahan makanan yang kadaluarsa juga telah di musnahkan, sehingga mengharapkan apa yang di salurkan ke masyarakat terutama yang berada di pesisir bahkan pegunungan dalam kondisi baik.  untuk itu dirinya meminta kepada Disperindag juga satpol PP di minta terus mengawasi. 

“Pemusnahan kemarin baru lima distrik belum yang lain, pasti banyak itu. Kepala BPOM juga di minta turut mendukung pemerintah dalam pengawasan bahan makanan yang telah kedaluarsa,” ungkapnya. 

Kepada Dinas ketahanan pangan Wabup juga berpesan senantisa menjaga ketersediaan pangan dan evaluasi untuk ketahanan pangan kita ke depan..terutama jelang Pesparawi dan pon di lakukan koordinasi bersama baik Diskoperindag, ketahanan pangan, perkebunan.(tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika