Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Warga Minta Pelantikan Bupati dan Wabup Terpilih di Timika

Bupati dan Wakil Bupati Mimika Terpilih, Eltinus Omaleng dan Jhon Rettob/Foto:Dok 

Timika. TabukaNews. Com – Warga kota Timika sangat berharap agar pelantikan Bupati dan Wakil Bupati (Wabup)  terpilih Periode 2019-2024 yakni pasangan Eltinus Omaleng-Johannes Rettob digelar di Timika pada 6 September 2019 dilaksanakan di Kabupaten Mimika. 

Hal itu diungkap salah satu warga timika Andreas sangat berharap acara pelantikan bupati-wakil bupati terpilih bisa dilakukan di Timika, bukan di Jayapura agar seluruh masyarakat Mimika bisa menyaksikan secara langsung.

“ Kalau pelantikannya dilakukan di Jayapura sudah pasti sebagian besar warga Mimika tidak bisa berangkat ke Jayapura karena tiket penerbangan mahal, “ kata Andre sapaan akrabnya.  

Warga lainnya Anton mengatakan momentum pelantikan bupati-wakil bupati Mimika terpilih yaitu pasangan Eltinus Omaleng-Johannes Rettob penting untuk dihadiri oleh seluruh elemen masyarakat Mimika sebagai tonggak awal dalam kebersamaan untuk membangun 'Negeri Amungsa, Tanah Kamoro' itu.

"Dari sisi biaya tentu lebih murah jika rombongan Bapak Gubernur Papua Lukas Enembe bersama pejabat Pemprov Papua yang datang ke Timika daripada seluruh warga Mimika harus berangkat ke Jayapura untuk ikut menyaksikan pelantikan bupati-wakil bupati terpilih. Kalau Bapak Gubernur yang datang ke Timika, tentu sekaligus beliau mau mengunjungi rakyatnya di Mimika," kata Stefanus.

Pejabat Sementara Sekretaris Daerah Mimika Marthen Paiding ketika ditemui di sentral pemerintahan mengatakan pelantikan bupati-wakil bupati Mimika terpilih apakah digelar di Jayapura atau Timika sepenuhnya merupakan kewenangan Gubernur Papua. 

Meski demikian, katanya, Pemkab dan DPRD Mimika telah meminta secara resmi ke Pemprov Papua agar kegiatan tersebut bisa dilakukan di Timika.

Pemkab Mimika, katanya, telah menyiapkan anggaran untuk kegiatan dimaksud.

"Kami berharap secepatnya Pemprov Papua memberikan kepastian kepada kami di Mimika soal tempat pelantikan bupati-wakil bupati terpilih karena waktunya sudah semakin dekat," kata Marthen.

Pasangan Eltinus Omaleng-Johannes Rettob dengan jargon 'OMTOB' terpilih sebagai Bupati-Wabup Mimika periode 2019-2024 setelah memenangkan ajang Pilkada pada Juni 2018.

Eltinus Omaleng merupakan petahana Bupati Mimika hingga saat ini.

Putra asli Suku Amungme kelahiran Kampung Waa Banti Tembagapura itu terpilih pertama kali sebagai Bupati Mimika pada 2014 berpasangan dengan Yohanis Bassang dan dilantik oleh Gubernur Papua Lukas Enembe pada 6 September 2014 bertempat di Gedung Eme Neme Yauware Timika.

Adapun Wabup Mimika terpilih, Johannes Rettob sebelumnya menjabat Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Mimika.

Johannes lahir dan besar di sebuah kampung kecil di pesisir barat Mimika yaitu Ipaya, dekat Kokonao pada 1962.

Orang tuanya merupakan guru perintis berasal dari Langgur, Kei, Maluku Tenggara dan sudah bertugas di wilayah pesisir Mimika (Suku Kamoro) sejak 1939.(tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika