Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

Warga Mimika Terima Suntikan vaksin COVID-19 Sudah 1.234 Orang

Timika,TabukaNews.com - Warga Kabupaten Mimika, Provinsi Papua yang telah menerima suntikan vaksin COVID-19 (vaksin shinovac) hingga Sabtu (30/1) sudah mencapai 1.234 orang atau 47,96 persen dari yang ditargetkan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika Reynold Ubra di Timika, Minggu, mengatakan penerima suntikan vaksin COVID-19 terbanyak yaitu tenaga kesehatan yaitu sejumlah 1.218 orang dari target sebanyak 2.573 orang.

Selain itu, terdapat 16 pejabat publik yang telah menerima suntikan vaksin COVID-19 dari yang ditargetkan sebanyak 17 orang.

"Hampir semua puskesmas dalam wilayah Kota Timika termasuk sejumlah rumah sakit sudah melaksanakan vaksinasi kepada petugas kesehatan. Berdasarkan hasil evaluasi kami beberapa waktu lalu, diminta semua fasilitas kesehatan untuk melaksanakan vaksinasi rata-rata 50-60 orang per hari sehingga diharapkan tanggal 11 Februari nanti vaksinasi untuk petugas kesehatan di Mimika sudah bisa selesai," jelasnya.

Setelah pemberian vaksinasi COVID-19 kepada petugas kesehatan di Mimika tuntas dilakukan, langkah selanjutnya yaitu memberikan suntikan vaksin shinovac kepada ASN, anggota TNI dan Polri, honorer, karyawan BUMN dan para pekerja media massa.

Sehubungan dengan itu, Reynold mengimbau agar kelompok prioritas vaksin itu agar menjaga kesehatan dengan tetap menaati protokol kesehatan agar tidak terpapar COVID-19.

Kelompok sasaran yang akan menerima suntikan vaksin COVID-19 gelombang pertama di Mimika yaitu mulai bulan Januari hingga bulan April ditargetkan sebanyak 39.632 jiwa, terdiri atas 1.723 tenaga kesehatan, diikuti petugas publik yaitu ASN, honorer, TNI-Polri, awak media massa, petugas Bandara, petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan dengan target sasaran sebanyak 17.231 jiwa dan berikutnya penduduk dengan kategori usia lanjut (lansia) berusia 59 tahun dengan target sasaran sebanyak 20.678 jiwa. 

Beberapa waktu lalu, Dinkes Mimika telah menerima pengiriman vaksin shinovac tahap kedua dari Dinkes Papua sebanyak lebih dari 2.000 dosis. Adapun vaksin shinovac yang diterima tahap pertama di Mimika sebanyak 2.320 dosis.

"Secara bertahap vaksin akan terus dikirim ke Mimika. Dengan target sasaran 39.632 jiwa yang akan menerima vaksin gelombang pertama di Mimika maka kebutuhan vaksin kurang lebih sekitar 90.000 dengan asumsi satu orang menerima dua kali suntikan vaksin (dengan jedah waktu 14 hari antara suntikan pertama dan suntikan kedua)," jelas Reynold.

Adapun fasilitas kesehatan yang ditetapkan untuk melaksanakan vaksinasi COVID-19 di Mimika yaitu sebanyak 56 faskes, terdiri atas empat rumah sakit, 21 puskesmas dan sisanya faskes milik swasta.

"Semua petugas kesehatan baik yang bekerja di faskes pemerintah maupun faskes swasta wajib mengikuti vaksinasi COVID-19. Setiap hari kami akan mengirimkan laporan berapa jumlah orang yang divaksin ke Dinkes Papua pada pukul 12.00 WIT dan pukul 18.00 WIT," jelas Reynold.(Tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika