Main Area

pesparawi xiii
dprd kabupaten mimika

Main

Warga Mimika Harus Mentaati 16 Himbauan Selama New Normal


Timika,TabukaNews.com - Berdasarkan kesepakatan bersama Bupati, Wakil Bupati, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) dan Tim Gugus Covid 19 Mimika pada Kamis (16/7) bertempat di Hotel Grand Mozza Timika, ditetapkan beberapa panduan dasar bagi warga Mimika selama new normal 14 hari kedepan.
Perpanjangan new normal Covid-19 adalah kehidupan baru dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun di air mengalir/menggunakan hand sanitizer dan jaga jarak minimal 1 meter).
Perpanjangan new normal Covid-19 di Kabupaten Mimika selama 14 (empat belas) hari terhitung sejak tanggal 17 Juli s/d 30 Juli 2020.
Perpanjangan New Normal COVlD-19 sebagaimana dimaksud tersebut adalah sebagai berikut:
I). Aktivitas masyarakat dapat berlangsung selama 24 jam dengan tetap mematuhi protokol kesehatan;
II). Tempat-tempat hiburan malam ditutup 24 jam.
III). Aktivitas persekoIahan/perkuliahan tetap menerapkan belajar dari rumah sampai ada petunjuk lebih lanjut.
IV). Fasilitas publik seperti kantor, tempat peribadatan, pasar, mali, toko, kios, restoran, dan hotel beroperasi sesuai dengan protokol kesehatan.
V). Fasilitas ruang pertemuan/rapat-rapat, resepsi pernikahan, pesta, dan kegiatan lainnya, maksimal diisi 50% (lima puluh persen) orang dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.
VI). Alat transportasi roda empat ke atas tidak boleh bermuatan lebih dari 50% (lima puluh persen) penumpang;
VII). Para pengemudi ojek dapat melakukan aktivitasnya dengan wajib menerapkan protokol kesehatan, yaitu wajib menggunakan helm standar yang memiliki penutup plastik bening, menggunakan masker, sarung tangan dan membawa hand sanitizer.
VIII. Untuk masyarakat/penumpang yang menggunakan jasa ojek, wajib membawa helm sendiri yang memiliki penutup plastik bening dan menggunakan masker;
IX). Penerbangan pesawat komersil/penumpang dapat beroperasi normal namun disesuaikan dengan kesiapan pelayanan di bandar udara;
X). Masyarakat yang melaksanakan perjalanan orang dengan kendaraan pribadi bertanggungjawab atas kesehatannya masing – masing, serta tunduk dan patuh pada protokol kesehatan;
XI). Setiap masyarakat yang melakukan perjalanan orang dengan transportasi umum darat, perkeretaapian, laut dan udara harus memenuhi persyaratan :
a) Menunjukan identitas diri (KTP atau tanda pengenal lainnya yang sah).
b) Menunjukan surat keterangan uji Rapid Test dengan hasil non reaktif yang berlaku 14 (empat belas) hari.
c) Menunjukan surat keterangan bebas gejala seperti influenza (Influenza Like Illness) yang dikeluarkan oleh Dokter Rumah Sakit/Puskcsmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas Rapid Test.
d) Tim Gugus Tugas akan melakukan pemeriksaan Rapid Test kepada pelaku perjalanan yang masuk ke Kabupaten Mimika secara acak dan/atau memeriksa surat keterangan bebas COVID-19 yang diragukan kebenarannya dan jika ditemukan gejala ISPA.
e). Masyarakat yang menggunakan jasa angkutan udara/penerbangan, angkutan laut/pelayaran yang masuk ke Kabupaten Mimika, wajib membawa keterangan bebas COVID-19 (Rapid Test) dari daerah asal, bila tidak membawa surat keterangan bebas COVID-19 (Rapid Test), maka setibanya di Kabupaten Mimika wajib menjalani Rapid Test atas biaya sendiri, bila terbukti Reaktif, maka akan diisolasi di tempat yang telah disediakan oleh Pemerintah Kabupten Mimika dan dijadwalkan melakukan tes Swab/ PCR atas biaya sendiri, bila positif COVID-19 biaya perawatan menjadi tanggung jawab pemerintah;
XII). Khusus untuk Distrik Tembagapura diberlakukan Pembatasan Sosial Diperluas dan Diperketat (PSDD), dan untuk masyarakat atau karyawan PT Freeport Indonesia yang melaksanakan perjalanan orang dari Distrik Tembagapura ke Timika wajib menunjukkan surat keterangan uji tes PCR dengan hasil negatif dengan masa berlaku 14 (empat belas) hari, kecuali karyawan yang cuti keluar daerah Kabupaten Mimika dilakukan Rapid Test;
XIII). Aktivitas perkantoran pemerintahan berjalan sebagaimana biasanya dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan;
XIV). Jam kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Honorer dimulai pukul 08.00 WIT s/d 13.00 WIT; dan
XV). Apel pagi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Honorer dilakukan setiap hari Senin.
XVI). Sosialisasi dan edukasi Pencegahan, Pengendalian dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Perpanjangan Status New Normal kepada masyarakat dilakukan oleh TNI/POLRI dan Tim Gugus Tugas dengan melibatkan perangkat Kelurahan/Kampung.
V. Kesepakatan Bersama ini akan dievaluasi kembali sesuai perkembangan kasus COVID-19. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika