Main Area

Main

Warga Kwamki Narama Minta Peningkatan Status Polsubsektor Menjadi Polsek

Tokoh masyarakat Kwamki Narama Yohanis Magai/ Foto: Ricky Lodar/Tabukanews.com

Timika, Tabukanews.com - Salah satu Tokoh masyarakat Kwamki Narama Yohanis Magai meminta kepada Kapolres Mimika agar ada peningkatan status Pol Sub Sektor menjadi Polsek dalam tahun ini, setelah ada lahan yang disediakan oleh Pemerintah untuk pembangunan kantor Polsek.

"Kwamki Narama ini hanya Pospol," kata Yohanis saat berdialog dengan Kapolres Mimika di Mapolsek Kuala Kencana, Senin (17/6).

Menurutnya, permintaan masyarakat untuk status Pol Sub Sektor menjadi Polsek sudah diusulkan oleh masyarakat sejak dua tahun lalu, sehingga perlu direalisasikan ditahun ini, karena kondisi keamanan, begitu juga Pos Ramil yang perlu dinaikkan status menjadi Koramil.

"Kami mau supaya dalam tahun ini, Kapolres harus usulkan ke Kapolda supaya permanenkan jadi Polsek dan juga Koramil," terangnya.

Pengusulan tersebut disambut baik oleh masyarakat dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) sehingga diubah lahan yang berlokasi tidak jauh dari kantor Pol Sub Sektor Kwamki Barang untuk pembangunan Polsek dan Koramil dan juga satuan-satuan lainnya. Dengan harapan distrik Kwamki Barang bisa aman dan kondusif.

"Sehingga kami sebagai masyarakat disana sudah sediakan tanah untuk bangun Polsek, Koramil dan asrama Brimob," jelas Yohanis saat berada di Mapolsek Kuala Kencana, Senin (17/6).

Menanggapi pernyataan Tokoh masyarakat. Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto, S. IK. MH mengatakan, pihaknya telah membuat telaan staff terkait peningkatan status Pol Sub Sektor ke Polsek dan telah diusulkan kepada pimpinan di tingkat atas sejak dua tahun lalu. Dan tinggal menunggu petunjuk selanjutnya dari pimpinan.

"Polsubsektor atau pospol itu sudah kita rencanakan sejak dua tahun lalu, kita sudah buat telaan staff dan kita usulkan kepada pimpinan," kata Kapolres.

Ia mengkaui, Pemkab Mimika dan masyarakat telah menyediakan lahan untuk pembangunan kantor Polsek, namun, hingga saat pihaknya masih menunggu kepastian dari pimpinan untuk merealisasinya.

Sebab, kata Kapolres untuk membentuk sebuah Polsek tidak hanya berupa bangunan semata melainkan adanya ketersediaan anggaran, jumlah SDM untuk membentuk fungsi masing-masing baik Sabhara, intelkam, Reskrim, dan fungsi lainnya, ditambah dengan sarana dan prasarana pendukung, mebeler.

"Untuk membangun satu Polsek itu tidak hanya gedungnya tapi harus dipikirkan bagaimana personelnya dan bagaimaba mebelernya, sarana dan prasarananya yang tidak kalah pentingnya kesediaan anggaran dari pusat (Mabes Polri) memang ada untuk itu," jelasnya. (Jrl).

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika