Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Warga Kokonao Akhiri Pencarian Signal Stelah BTS berfungsi normal

Kokonao telah terlayani Komunikasi/Foto: Tim 

 

Timika,TabukaNews.com-Warga Kokonao, Distrik Mimika Barat Kabupaten Mimika akhirnya lega. Kebiasaan mencari signal yang mereka lakukan selama ini berakhir.

Pada Minggu (13/10) tepat pukul 16.00 WIT, Base Transceiver Station (BTS) Kokonao berfungsi. Artinya, warga wilayah itu sudah bisa berkomunikasi melalui sambungan telepon seluler maupun internet dengan masyarakat luar.

Untuk memastikan beroperasinya tower milik PT Telkomsel tersebut, Senin (14/10) wartawan TabukaNews.com menghubungi. 

Muhammad Ardan, salah seorang pegawai e-government Diskominfo Mimika yang sedang berada di Kokonao.

Komunikasi berlangsung lancar, bahkan bisa video call via whatsapp. Ardan membenarkan jika BTS Kokonao sudah berfungsi.

Dikatakan, pemasangan perangkat BTS, transmiter dan power sistem dilakukan berkat kerjasama Pemda Mimika dan Telkomsel yang dimulai Jumat (11/10).

Hingga minggu (14/10), petugas  Diskominfo, PT Telkomsel, dibantu masyarakat menyukseskan program pemasangan alat telekomunikasi berbasis gelombang elektromagnetik itu.

Menanggapi berfungsinya BTS Kokonao, seorang warga wilayah itu, Edy Thie mengaku sangat bersyukur. Edy mencoba menelepon anaknya yang sedang kuliah di Jogjakarta.

"Luar biasa, bisa hubungi anak di Jogja," ucap Edy dengan raut wajah gembira. 

Hal yang sama dikemukakan warga Kokonao lainnya. Selama ini untuk menghubungi anggota keluarga di Timika atau wilayah lain diluar Papua, mereka terpaksa menuju Atuka.

Atau, jika signal sedang stabil, warga harus mencari signal di bawah tiang listrik maupun antena visat milik bank Papua kokonao, atau di titik ujung bandara.

BTS Kokonao menggunakan  teknologi 2G dan LTE 4G dgn frekuensi 900 Mhz. 

Masyarakat berharap PT Telkomsel bisa menjual pulsa dan kartu perdana di kokonao sehingga dapat dijangkau warga wilayah tersebut.(Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika