Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Warga Kadun Jaya Tampilkan Busana Indian, Kolaborasi Dayak Kamoro

Warga Kadun Jaya peserta karnaval budaya dalam rangka semarak HUT RI ke-74/Foto: Tim/Tabukanews.com


Timika, Tabukanews.com - Dalam menyemarakan hari kemerdekaan Indonesia ke-74, tidak hanya diikuti oleh kaum pelajar, tapi juga diikuti oleh umum. Salah satunya warga desa Kadun Jaya KM 10.

Ketua RT 01 Desa Kadun Jaya Abdul Tahir mengatakan, keterlibatan warga Kadun Jaya dalam karnaval budaya setelah menerima undangan untuk menjadi peserta dengan menampilkan busana yang lucu, kreatif dan keragaman, sehingga lahirlah ide cemerlang busana asli dayak dan kamoro yang mana mirip dengan busana orang Indian (suku di benua Amerika) untuk ditampilkan saat karnaval.

"Jadi itukan ada tema, kreatif, lucu keragaman, jadi busana ini kita gabungkan dua suku, ada suku dayak, suku kamoro, suku bugis dan suku-suku yang lainnya dalam rangka memeriahkan HUT RI," kata Abdul Tahir ketika ditemui di halaman Eme Neme Yaware, Senin (12/8).

Ia menjelaskan, sesuai undangan dari panitia, para peserta harus terlihat, kreatif, lucu, tapi menampilkan wawasan kebangsaan. Oleh sebab itu untuk tampil beda dari peserta lainnya, warga Kadun Jaya memesan busana tersebut ke Jakarta.

"Kita pesan kostum ini dari Jawa setelah kita tahu tema dan syaratnya," jelasnya.

Menurutnya, ada nilai positif yang diambil dari kegiatan karnaval budaya yang berwawasan kebangsaan tersebut. Tidak hanya untuk menampilkan kecantikan setelah menggunakan busana, tapi bagaimana memperkenalkan kepada generasi penerus agar terus melestarikan budaya yang merupakan warisan nenek moyang.

"Melalui kegiatan ini ada nilai positif yang diambil," terangnya.

Ia juga berharap, warga Kadun Jaya bisa mendapat juara dalam karnaval budaya kali ini. Sebab menjadi kebanggaan tersendiri mewakili Distrik Wania dan warga Kasur Jaya secara keseluruhan.

"Mudah-mudahan kita dapat juara, kita membawa nama desa dan nama distrik," harapnya. (Tim).

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika