Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Warga Harus Tertib Buang Sampah Kalau Ingin Raih Adipura

Lokasi Pembuangan Sampah disalah satu ruas jalan di Timika/Foto : Tim

TIMIKA, TABUKANews.com - Warga Timika dihimbau untuk memiliki kesadaran dalam membuang sampah. Hal ini dilakukan bukan hanya untuk membuat pemandangan menjadi indah, namun menjadi salah satu syarat untuk meraih penghargaan Adipura.

Anggota DPRD Kabupaten Mimika, Yohanis Kibak saat dikonfirmasi Tabukanews.com via ponsel, Senin (11/2) mengatakan, bahwa saat ini warga Timika belum memiliki kesadaran dalam membuang sampah.

“Untuk meraih penghargaan Adipura, yang menjadi salah satu syaratnya adalah kota harus bersih dari sampah. Namun apa yang kita lihat sekarang ini. Sampah masih berserakan dimana-mana, warga masih membuang sampah dengan sembarangan,” tuturnya.

Hal ini dikatakan, harus disadari oleh warga Timika. Karena menjadikan kota terlihat bersih dan indah, tidak hanya menjadi tugas dan wewenang pemerintah, tapi warga dan semua kalangan juga harus terlibat.

“Mari kita budayakan untuk tertib buang sampah, dan itu harus dimulai dari diri sendiri. Apabila kita sendiri sudah tertib buang sampah, maka kita dengan mudah memberikan contoh bagi orang lain,” katanya.

Ia juga meminta agar Pemkab Mimika segera memberlakukan aturan yang ada untuk memberikan sanksi kepada warga yang kedapatan membuang sampah dengan sembarangan.

“Hal itu harus diterapkan, biar menjadi efek jera bagi yang lain sehingga tidak lagi membuang sampah dengan sembarangan,” katanya.

Sementara itu, iklan spanduk yang dipasang oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mimika mengajak warga untuk tidak membuang sampah dengan sembarangan, serta menghimbau warga untuk bisa memanfaatkan tempat pembuangan sementara (TPS) yang telah disediakan oleh pemerintah, karena selokan, jalanan dan parit bukanlah tempat yang tepat untuk membuang sampah. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika