Main Area

pesparawi xiii
HUT Republik Indonesia Ke 75
HUT Republik Indonesia Ke 75
HUT Republik Indonesia Ke 75

Main

Warga diminta Jaga Kesehatan dan Terapkan Protokol Kesehatan

Timika,TabukaNews.com - Memiliki gejala yang mirip warga diimbau hidup bersih dan sehat serta terapkan protokol kesehatan mencegah Covid-19.  Hal itu dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika yang saat ini tengah gencar Promosi Kesehatan agar warga terhindar dari sakit Malaria di tengah pandemi COVID-19.


Diungkap Yani selaku Penanggung Jawab Promkes Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika dalam menjalankan program Promosi Kesehatan melalui layanan mobil kelilling berpengeras suara. Sabtu (19/9/20), saat menyambangi warga di Kelurahan Kwamki, Mimika Baru.

Yani, menjelaskan saat ini terdapat 2 tim yang dibagi sesuai wilayah kerjanya, bertugas menyampaikan informasi dengan menyusur ke lorong-lorong tempat pemukiman penduduk. Hal itu dilakukan agar warga sampai ke akar rumput bisa sadar dan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat PHBS sehingga bisa terhindar dari penyakit malaria yang gejalanya mirip dengan COVID-19.

Warga dihimbau agar menghindari gigitan nyamuk Anopheles yang aktif dan menggigit mulai dari jam 6 sore sampai jam 6 pagi keesokan hari.

Selain itu warga juga diminta waspada COVID-19 dengan setia lakukan Protokol Kesehatan lawan Corona.

"Gejala kedua penyakit itu mirip, sehingga warga diminta lebih serius menjaga diri dan jaga sesama." Ungkapnya.

Menambahkan, Bila warga kena sakit malaria diminta untuk minum obat sampai tuntas, jangan berhenti kendati sudah merasa baikan dari sakit itu. Juga Aktifitas fisik olahraga 3 kali seminggu serta pola makan sehat dan menghindari rokok dan miras disarankan sebagai jalan terbaik untuk terhindar dari sakit malaria yang gejalanya sangat mirip dengan penyakit karena virus Corona.

Warga juga diminta menjaga kebersihan di dalam dan sekeliling rumah, serta peduli kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggal.

"Di masa pandemi ini masyarakat diminta untuk menghindari penularan COVID-19 dengan disiplin menggunakan masker kain berlapis, cuci tangan memakai sabun minimal 20 detik dan menghindari kerumunan warga lebih dari lima orang, " Terangnya. (Tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika