Main Area

Main

Wakil Ketua IV Lemasko : Saatnya Anak Kamoro Jadi Pimpinan YPMAK

Wakil Ketua IV Lemasko Bidang tanah, dan hak ulayat adat dan budaya, pertanian dan kehutanan Seprianus Operawiri Amd.T saat menggelar pertemuan dengan Lemasko/ Foto :Tim/TabukaNews.Com

 

Timika,TabukaNews.Com- Wakil Ketua IV Siprianus Operawiri, Amd,T menegaskan kini saatnya anak putra Suku Kamoro duduku Pimpinan  Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK).

Berdasarkan hasil pertemuan pengurus Lemasko dan beberapa tokoh telah menyepakati untuk mendukung beberapa anak Kmaoro yang saat ini mencalonkan diri sebagai pimpinan YPAMK. beberapa nama tersebut diantaranya, Leonardus Tumuka, Dominikus Mitoro, Fredy Matamoka, dan beberapa nama lainnya.

Lembaga Musyawarah Adat Suku Kamoro (Lemasko) telah sepakat dan mendukung beberapa anak Kamoro yang saat ini mencalonkan diri sebagai Direktur, Wakil direktur dan sekertaris pada Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK), kesepakatan tersebut setelah dilakukan pertemuan di Hotel Serayu ruang Cendrawasih, Jumat (8/11) lalu.

Wakil Ketua IV Siprianus Operawiri, Amd,T mengatakan, berdasarkan hasil pertemuan pengurus Lemasko dan beberapa tokoh telah menyepakati untuk mendukung beberapa anak Kmaoro yang saat ini mencalonkan diri sebagai pimpinan YPAMK. beberapa nama tersebut diantaranya, Leonardus Tumuka, Dominikus Mitoro, Fredy Matamoka, dan beberapa nama lainnya.

"Jadi kegiatan hari ini, rapat untuk penetapan calon direktur untuk Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK)," kata Siprianus ketika ditemui dihotel Serayu.

Ia menjelaskan, hasil kesepakatan tersebut nantinya akan didukung penuh oleh masyarakat Kamoro, untuk melihat ketertinggalan yang saat ini dihadapi oleh masyarakat Amungme dan Kamoro.

Ia mengakui selama ini masyarakat Kamoro seperti menjadi penonton dinegerinya sendiri, banyak hal yang tidak dirasakan oleh masyarakat Kamoro, walaupun mendapatkan hak namun perbandingannya jauh berbeda.

"Yang sudah di tunjuk itu sesuai keputusan dari tim itu harus dukung, untuk calon yang kita tunjuk yaitu doktor Leo Tumuka, Dominikus Mitoro, Fredy Matamoka, selanjutnya akan mengikuti seleksi yang dilakukan oleh tim independen di luar LPMAK dan lembaga yang ada di Mimika," jelasnya.

Dirinya berharap, berikan waktu kepada putra Kamoro untuk memimpin YPMAK setelah 10 tahun anak-anak Kamoro tidak pernah mendapatkan posisi dtrategis di LPMAK alias menjadi penonton ditanahnya sendiri.

"Harapan kami, yah salah satu harus menduduki posisi direktur YPMAK, karena sudah sekian tahun kita orang Kamoro tidak ambil bagian untuk duduk jadi pemimpin di LPMAK, dan ini saatnya Kamoro memimpin," harapnya. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika