Translate

Redaksi Tabuka News | 28 January 2022

Wakil Bupati Mimika Terpilih Sebagai Tokoh Motivator Pemberdayaan Daerah dan Desa Tahun 2022

Wakil Bupati Mimika Terpilih Sebagai Tokoh Motivator Pemberdayaan Daerah dan Desa Tahun 2022

Jakarta, Tabukanews.com -

Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob pada Kamis (27/1/2022) meraih Sorot News Award 2022 bersama 27 pejabat dan tokoh nasional lainnya.

 

Pemberian penghargaan dilaksanakan di Gedung Serbaguna Direktorat Jendral Bina Pembangunan Daerah, pada Kamis 27 Januari 2022, yang dimulai pukul 10:00 hingga selesai.

 

 Pemberian penghargaan tersebut, dilaksanakan oleh Harian Nasional  Sorot News dan Harian Online Sorotnews.co.id, yang dimulai  dengan Seminar Nasional Bina Pembangunan Desa, bekerjasama Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Ditjen Bina Pemdes Kemendagri) yang bertema “Tata Kelola Pemerintahan Desa dan Strategi Percepatan Kemandirian Desa Menuju Kesejahteraan Masyarakat dan Andil Bela Negara”.

 

Acara Seminar Nasional Bina Pemerintahan Desa itu diikuti sejumlah narasumber dari Kementerian dan Akademisi, antara lain dari Kementerian Dalam Negeri oleh Ditjen Bina Pemdes Kemendagri selaku Keynote Speaker, Kementerian Desa PDTT,  Kementerian BUMN,  Kemenparekraf , dan Kemenhan RI, dan  Akademisi/Pakar/Ahli (Narasumber) yang dipandu oleh Beby Kristami (Presenter TV Nasional).

 

Penghargaan Sorot News Award 2022 adalah award yang ketiga kalinya digelar oleh Media Sorot News, dimana Award kali ini bertajuk “Anugerah Tokoh Motivator dan Inspirasi Negeri 2022”. 

 

Apresiasi ini diberikan berdasarkan prestasi yang ditorehkan oleh sejumlah Pejabat Negara, Kepala Daerah, Pengusaha, Tokoh Masyarakat, dan Akademisi yang program kerja inovasinya dirasakan dan bersentuhan langsung oleh Masyarakat.

 

Dalam sambutannya,  Saripudin Ranex, Pimpinan Redaksi Sorot News, menyampaikan bahwa penilaian Tokoh Tokoh ini oleh Tim yang melibatkan Akademisi, Lembaga Swadaya Masyarakat,  Media  Nasional dan Lokal yang diamati selama 2 tahun, dan cukup sulit untuk menentukannya.

 

Adapun daftar Tokoh Tokoh Peraih Media Sorot News Award 2022:

 

1.      Menteri Dalam Negeri RI : Jenderal Pol. (Purn) Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D. – (Tokoh Motivator Tata Kelola Pemerintahan dan Pembangunan Nasional). 

 

2.      Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif : DR. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. – (Tokoh Motivator Pemberdayaan SDM dan Ekonomi). 

 

3.      Kapolri : Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si – (Tokoh Motivator Presisi Pengabdian Masyarakat) 

4.      Dirjen Pothan Kemhan RI : Mayjen TNI Dadang Hendrayudha – (Tokoh Motivator Bela Negara Millenial). 

 

5.      Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat : Ibu Tri Tito Karnavian – (Tokoh Motivator Pembangunan Desa dan Kesejahteraan Masyarakat Berbasis Gender). 

 

6.      Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri : Dr. Yusharto Huntoyungo, M.Pd – (Tokoh Motivator Tata Kelola Pemerintahan Desa dan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa) 

 

7.      Gubernur DKI Jakarta : H, Anies Rasyid Baswedan, S.E., M.P.P., Ph.D. – (Tokoh Motivator Tata Kelola Pemerintahan dan Inovasi Pembangunan Daerah).  

8.      Gubernur Jawa Barat : Dr. H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D - (Tokoh Motivator Tata Kelola Pemerintahan dan Inovasi Pembangunan Daerah). 

 

9.  Gubernur Jawa Tengah : H. Ganjar Pranowo, S.H., M.IP. - (Tokoh Motivator Tata Kelola  Pemerintahan dan Inovasi Pembangunan Daerah).  

10.  Gubernur Papua Barat : Drs. Dominggus Mandacan, M.Si – (Tokoh Motivator Tata Kelola Pemerintahan dan Inovasi Pembangunan Daerah).  

 

11.  Gubernur NTT : Dr. Viktor Bungtilu Laiskodat, SH., M.Si – (Tokoh Motivator Tata Kelola Pemerintahan dan Inovasi Pembangunan Daerah).  

12.  Wakil Gubernur Papua Barat : Mohamad Lakotani, SH., M.Si – (Tokoh Motivator Tata Kelola Pemerintahan Daerah dan Desa) 

 

13.  Sekda Papua Barat : Dr. Nathaniel Mandacan, M.Si – (Tokoh Motivator Tata Kelola Pemerintahan Daerah) 

14.  Bupati Kulon Progo : Drs. H. Sutedjo - (Tokoh Motivator Pemberdayaan Daerah dan Desa).  

 

15.  Bupati Gianyar Bali : I Made Mahayastra, SST.Par., M.AP – (Tokoh Motivator Tata Kelola Pemerintahan Desa dan Inovasi Dalam Penanganan Pandemi Covid-19).   

16.  Bupati Bupati Sorong Papua Barat : Dr. Johny Kamuru, SH., M.Si – (Tokoh Motivator Pemberdayaan Daerah dan Desa).  

 

17.  Bupati Parigi Moutong Palu : Kolonel (Inf.) H. Samsurizal Tombolotutu (Tokoh Motivator  Pemberdayaan Daerah dan Desa)  

18.  Bupati Serang : Hj. Ratu Tatu Chasanah, SE., M.Ak – (Tokoh Motivator Pemberdayaan  Daerah dan Desa). 

 

19.  Wakil Bupati Raja Ampat : Orideko I. Burdam, S.IP., MM., M.Ec., Dev. (Tokoh Motivator Pemberdayaan Daerah dan Desa)  

20.  Wakil Bupati Mimika Papua : Johannes Rettob, S.Sos., M.M – (Tokoh Motivator Pemberdayaan Daerah dan Desa) 

 

21.  Walikota Subulussalam Aceh : H. Affan Alfian Bintang, S.E – (Tokoh Motivator Pemberdayaan Daerah).  

22.  Tokoh Pengamat/Pakar : Prof. Dr. Owin Jamasy, M.Hum., M.M., Ph.D. – (Tokoh Motivator Peningkatan Kapasitas SDM dan Inovator Pemberdayaan Lingkungan). 

 

23.  Ketua DAP Wilayah III Doberay Papua Barat : Mananwir Paul Finsen Mayor (Tokoh  Motivator dan Pejuang Hak - Hak Masyarakat Adat di Indonesia) 

24.  Pengusaha/Tokoh Papua : H. Wagus Hidayat, SE – (Tokoh Motivator Entrepreneur 

Inspiratif). 

 

25.  Kepala Desa Duda Timur : I Gede Pawana  (Tokoh Motivator Desa Inovatif Dalam Pengembangan Digitalisasi Desa) 

 

26.  Kepala Desa Kalilunjar : Slamet Rahardjo (Tokoh Motivator Inovasi Pengembangan Desa Wisata dan Administrasi Desa). 

 

27. Tokoh Pengusaha Papua Barat : Ferry Michael Auparay, S.Sos - (Tokoh Motivator Pemberdayaan dan Peningkatan SDM).

 

28. Menteri BUMN RI : Erick Thohir, B.A., M.B.A - (Tokoh Motivator Pemberdayaan BUMN dan Ekonomi Nasional)

 

Saripudin Ranex selaku Pemimpin Redaksi sekaligus Ketua Penyelenggara Sorot News Award 2022 mengatakan penganugerahan Tokoh Motivator dan Inspirasi 2022 ini adalah bentuk Penghargaan dan Apresiasi Sorot News dan masyarakat Indonesia kepada para tokoh tersebut yang dinilai dari beberapa aspek.

 

“Kami media Sorot News yang bermotto “Mengawasi Aparatur Negara dan Informasi Publik”, dalam setiap 4 tahun menyelenggarakan penganugerahan Sorot News Award kepada pejabat negara dan tokoh yang berprestasi dalam memajukan bangsa dan berkontribusi terhadap pembangunan nasional dan daerah dimana dirasakan langsung oleh masyarakat yang berdampak positif,” kata Ranex.(**)