Main Area

Main

Wakapolri: Insiden Nduga, 22 Korban Tewas Termasuk Anggota TNI

Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Komisaris Jenderal Polisi Ari Dono memastikan, bahwa jumlah korban tewas adalah sebanyak 22 orang Foto: Istimewa


TIMIKA, TABUKABews.com -Menyikapi aksi penembakan yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terhadap warga sipil yang merupakan karyawan PT. Istaka Karya di Kali Yogi, Distrik Gigi pada Sabtu (1/12) lalu, Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Komisaris Jenderal Polisi Ari Dono memastikan, bahwa jumlah korban tewas adalah sebanyak 22 orang.

"Jumlah korban yang meninggal dunia sebanyak 22 korban. 21 diantaranya karyawan PT. Istaka Karya dan 1 merupakan anggota TNI" ujarnya.

Dijelaskan, bahwa hingga kini pasukan gabungan TNI/Polri yang diterjunkan ke lokasi kejadian belum berhasil menguasai wilayah karena perjalanan mereka terus dihadang oleh KKB

"TNI membantu Polri untuk melakukan evakuasi korban. Dan upaya pencarian korban tetap akan dilakukan, karena tim belum sampai di TKP karena masih terjadi aksi tembak menembak antara aparat keamanan dengan KKB. Kalau situasi sudah memungkinkan, kita akan lakukan tindakan hukum berupa olah TKP dan meminta keterangan saksi yang ada," ungkapnya.

Dijelaskan pula bahwa pasukan gabungan dari TNI/Polri terus melakukan upaya pencarian terhadap korban yang telah dibunuh oleh KKB.
"Korban yang ada kita evakuasi ke rumah sakit di Timika karena memiliki fasilitas yang cukup memadai," imbuhnya.

Namun Wakapolri menegaskan, bahwa aksi tersebut tidak bisa disangkutpautkan dengan Organisasi Papua Merdeka, dan hanya merupakan murni aksi tindakan kriminal. Selain itu, juga dijelaskan bahwa dalam proses evakuasi, terdapat seorang anggota Brimob terkena luka tembakan dibagian lengan.

"Semua yang menjadi korban kita akan evakuasi, dan akan dilanjutkan ke pihak keluarga masing-masing," imbuhnya. (Evan Soenarie)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika