Main Area

pesparawi xiii
DPRD Kabupaten mimika, Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020

Main

Wabup Tegas, Banyak Pekerjaan di OPD Belum selesai

Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob/Foto : Tim

 

Timika, TabukaNews.com – mendekati akhir tahun 2019, banyaknya pekerjaan Organisasi perangkat Daerah (OPD), yang  belum diselesaikan, indikasi sebagian OPD meremehkan pekerjaan yang di kerjakannya.

Oleh sebab itu Wakil Bupati Mimika Johannes Retto,  meminta agar para OPD untuk dapat mempertanggung jawabkan semua kegiatan dan juga administrasi dalam menghadapi akhir tahun 2019.

“Dalam akhir tahun, kepada semua organisasi perangkat daerah, Pejabat pembuat komitmen (PPK), pejabat pelaksana teknis kegiatan (PPTK), Bendara Pengeluaran dan juga Bendahara penerima segera melaksanakan apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab,” kata wabup di kantor pusat pemerintahan SP 3, Senin (16/12).

Menurut Wabup untuk tambahan uang persediaan (TU) segera pertanggung jawabkan, sedangkan uang persediaan (UP) segera dikembalikan. Laporan – laporan tentang belanja daerah yang belum selesai, segera diselesaikan.

“ Sesuai dengan surat edaran Bupati Mimika, bahwa semua kegiatan harus berakhir  pada tanggal 15 Desember dan semua kegiatan segera dibuat laporan pertanggung jawabannya.” Ungkapnya.

Lanjutanya, jika ada pekerjaan fisik dengan volume besar tidak bisa dipaksakan, ada juga pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan kontrak, ada sebagian pekerjaan dengan kontraknya berakhir pada 31 Desember dan ada kegiatan yang baru muncul pada perubahan APBD, dan itu membutuhkan waktu untuk  penyelesainnya, dan hal- hal begini yang menjadi persoalan

“Mestinya semua kegiatan fisik batas tanggal 15 desember sudah selesai dan tidak lagi ada pekerjaan, namun jika ada yang  masih membutuhkan waktu tambahan maka segera memacu pekerjaan sebelum tanggal 31 Desember 2019,” tuturnya.

Dijelaskan bahwa. tanggal 15 yang ditentukan oleh Pimpinan itu hanya sebagai bentuk himbauan saja, agar semua pekerjaan- pekerjaan itu dipercepat, untuk mempermudah langkah- langkah menghadapi akhir tahun yang mana berhubungan dengan administrasi.

Karena menurut Wabup,  tanggal diatas itu semua ASN sudah mulai sibuk dengan kegiatan- kegiatannya yakni mempersiapkan diri menghadapi hari raya Natal, dan supaya jangan ada anggaran yang keluar pada akhir tahun dan menjadi temuan atau hal- hal yang mengarah pada peneggelapan anggaran

“Tidak ada uang yang keluar lewat dari tanggal 31 Desember tepat Pukul 24:00, dan jika ada uang keluar dari jam itu maka itu menjadi temuan. Itupun uang tidak boleh ada di rekening OPD, ataupun didalam rekening khas daerah, semua harus clear dan diposting habis digunakan,” jelasnya.

Lanjutnya, kedepan semua kontrak- kontrak fisik berakhir dibawa tanggal 15 Desember. Kenapa kegiatan- kegiatan kita selalu terlambat, hal itu karena kegiatan- kegiatan kita kontraknya selalu baru dilakukan pada pertengahan tahun. Dirinya berharap kepada semua OPD yang ada tidak lagi saling menunggu, segera lakukan pekerjaan tanpa harus menunggu jika memang tidak ada halangan segera laksanakan sehingga tidak ada keterlambatan pada akhir tahun.

“Tahun depan tidak ada lagi yang seperti itu. Dan dalam peraturan Presiden memperbolehkan kita untuk melakukan pelelangan sebelum tahun anggaran atau sebelum Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) ditetapkan, dan setelah APBD ditetapkan progress pekerjaan sudah bisa dilakukan. Kebiasaan kita selama ini adalah menunggu DPA ada baru kita mulai bergerak, dan itu yang menyebabkan adanya keterlambatan dan juga banyak pekerjaan tidak terselesaikan hingga pada akhir tahun,” tegasnya.(tim)

DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika