Main Area

Main

Wabup : Pemkab Segera Sidak Penjualan Obat Asam Lambung Pemicu Penyakit Kanker

Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob saat memberikan keterangan pers kepada wartawan/Foto : Tim Tabukanews.com

 

TIMIKA,Tabukanews.com  – Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettop mengaku bahwa Pemkab segera melakukan sidak ke seluruh industry farmasi dan pelayanan kesehatan dan apotik apotik yang ada di Mimika untuk sidak terkait penjualan obat asam lambung mengandung ranitidine yang tercemar Nitrosodimethylamine (NDMA) sebagai pemicu kanker.

Dijelaskan bahwa tnggal 13 September lalu, US Food and Drug Administration (US FDA) dan European Medicine Agency (EMA) termasuk BPPOM RI telah mengeluarkan peringatan tentang adanya temuan cemaran NDMA dalam jumlah yang relatif kecil pada sampel produk yang mengandung bahan aktif ranitidine. Dengan demikian, perlu adanya tindakan lanjutan agar bisa menyelamatkan masyarakat.

“Bupati akan melakukan penandatanganan surat edaran untuk melakukan penarikan obat asam lambung mengandung ranitidine yang tercemar NDMD itu. Sikap kita jelas bahwa kalau perintah dari pusat harus menarik prodak itu, maka kita juga akan melakukannya,” jelas Rettop usai menhadiri pembukaan Rapat Paripurna I Masa Sidang III DPRD Mimika Tentang Sidang Ranperda Non APBD tahun 2019 di ruang sidang DPRD Mimika, Rabu (16/10).

Adapun penjelasan BPOM RI tentang penarikan produk ranitidine yang terkontaminasi NDMA. Dimana, sehubungan dengan adanya informasi cemaran NDMA pada produk obat yang mengandung ranitidin oleh US Food and Drug Administration (US FDA) dan European Medicine Agency (EMA), Badan POM perlu menginformasikan hal-hal sebagai berikut, ranitidin adalah obat yang digunakan untuk pengobatan gejala penyakit tukak lambung dan tukak usus.

Badan POM telah memberikan persetujuan terhadap ranitidin sejak tahun 1989 melalui kajian evaluasi keamanan, khasiat, dan mutu. Ranitidin tersedia dalam bentuk sediaan tablet, sirup, dan injeksi. Pada tanggal 13 September 2019, US FDA dan EMA mengeluarkan peringatan tentang adanya temuan cemaran NDMA dalam jumlah yang relatif kecil pada sampel produk yang mengandung bahan aktif ranitidin, dimana NDMA merupakan turunan zat Nitrosamin yang dapat terbentuk secara alami.  (tim).

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika