Wabup Mimika Ingatkan Warga Jangan Panik Ditengah Lonjakan Tinggi Kasus Covid-19 di Mimika

Wabup Mimika  Ingatkan Warga Jangan Panik Ditengah Lonjakan Tinggi Kasus Covid-19 di Mimika

Timika,TabukaNews.com

Wakil Bupati Kabupaten Mimika, Papua, Johanes Rettob, mengatakan  kasus Covid-19 di Kabupaten Mimika mengalami lonjakan yang sangat tinggi. 

 

"Sejauh ini sangat tinggi lonjakannya, jumlah yang positif sangat tinggi.Paling tinggi lonjakannya di wilayah Tembagapura,"kata  John saat ditemui di Timika, Selasa (8/2/2022).

 

Rata rata, kasus Covid 19 di wilayah  Tembagapura berasal dari para pelaku perjalan dari luar Timika. Dirinya menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak panik.

 

Masyarakat diimbau agar tetap disiplin dalam  menerapkan protokol kesehatan yang telah di tetapkan oleh pemerintah dalam melaksanakan aktivitas.

 

 Wabup John mengatakan saat ini Satgas Covid-19 sedang mengatur dan menyiapkan beberapa hal guna merespon naiknya kasus Covid 19 di Kabupaten Mimika

 

Rata rata kasus Covid 19 di Mimika berasal para pelaku perjalan, Satgas Covid-19 Kabupaten Mimika diminta agar  melakukan secara baik para pelaku perjalanan baik yang datang melalui Pelabuhan Nusantara Pomako dan Bandar Udara Moses Kilangin Timika.

 

"Saya mau teruskan pesan pak Presiden Jokowi saja,  kepada seluruh masyarakat Mimika bahwa kita tidak perlu kuatir dengan Omicorn. Kita tidak harus perlu panik, istirahat saja di rumah jangan keluar rumah , isolasi diri sendiri dan kemudian minum  vitamin, dan beberapa hari kedepan kita boleh melakukan tes antigen kembali meyakinkan bawah kita sudah tidak sakit lagi,"kata Wabup John.

 

 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika,Papua, Reynold Rizal Ubra, mengatakan dari 128 spesimen yang diperiksa Senin (7/2) ditemukan 46 orang positif terpapar Covid 19.

 

Kasus Covid 19 di Kabupaten Mimika mengalami peningkatan di satu Minggu terakhir ini  terutama di area kerja PT Freeport Indonesia di Distrik Tembagapura.

 

Total secara keseluruhan jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Mimika sejak 11 Januari 2022 sampai dengan 7 Februari 2022 sebayak 157 orang.

 

Reynold membenarkan bahwa, rata rata kasus Covid 19 berasal dari para pelaku perjalan dari luar Timika, disusul kontak erat dengan para pelaku perjalanan dan sisanya adalah saspek.

 

"Ada lima orang di rawat di Klinik Kuala Kencana dan Rumah Sakit Tembagapura dengan gejala ringan.Lebih banyak yang melakukan isolasi mandiri,"kata Reynold.

 

Dirinya  juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat Mimika agar tidak panik dengan meningkatkan kasus Covid 19 di Kabupaten Mimika.

 

Mematuhi protokol kesehatan seperti mencuci tangan pada air yang mengalir, mengunakan hand sanitizer , menjaga jarak, menghindari kerumunan dan memakai masker adalah salah satu cara mencegah penyebaran virus Covid-19.

 

Selain itu, warga yang belum menerima vaksinasi Covid-19 dianjurkan untuk bisa mengikuti vaksin Covid-19 guna melindungi terpaparnya virus Covid-19.

 

Reynold menambahkan saat ini capaian vaksinasi Covid-19  dosis pertama di Kabupaten Mimika sudah mencapai 73 persen sementara dosis kedua mencapai 59 persen. (**)

Idul Fitri 1 Syawal 1443 H

dprd kabupaten mimika
keluarga johannes rettob
bpkad kabupaten mimika
kesbangpol kabupaten mimika
perhubungan kabupaten mimika
dprd kabupaten mimika
tanaman pangan kabupaten mimika
pendapatan daerah kabupaten mimika
tp-pkk kabupaten mimika
kampung nawaripi

Tentang Kami

Memberikan informasi yang benar karena kami Berpihak Pada Kebenaran yang Jernihnya Nyata