Main Area

pesparawi xiii
ulang tahun ke 36

Main

Wabup Mimika Akui Masih Ada OPD Belum Setor Uang Pertanggung Jawaban

Wakil Bupati Kabupaten Mimika Johannes Rettob /Foto : Tim

Timika,Tabukanews.com-  Wakil Bupati Kabupaten Mimika Johannes Rettob menyebutkan masih ada Organisasi Perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemkab Mimika yang belum menyetor uang pertanggung jawaban tahun 2019 ke kas daerah.

Hal tersebut ditegaskan Wabup Rettob saat memimpin apel pagi di lapangan kantor pusat pemerintahan Kabupaten Mimika , Senin (20/1). Dalam kesempatan tersebut Wabup  dan memerintahkan kepada OPD tersebut untuk segera mengembalikan ke kas daerah.

“Para OPD segera melaporkan dan menyetor kembali. Kalau tidak, tidak boleh lagi uang persediaan. Uang persediaan boleh diambil tapi semua harus dipertanggung jawabkan terlebih dahulu,” tegas Wabup.

Wabup memerintahkan kepada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) untuk tidak memberikan uang persediaan tersebut. Jika ada OPD yang memaksa minta untuk melaporkan pada Pimpinan daerah.

“BKAD perhatikan hal ini jangan dikasih kalau belum dipertanggung jawabkan, kalau ada OPD yang paksa nanti kasih tau,” ungkapnya.

Menurut Wabup laporan pertanggung jawaban sangat penting untuk dilaporkan sehingga semua yang sudah dikerjakan dalam penggunaan anggaran harus dipertanggung jawabkan. Pertanggungjawaban tersebut dilakukan untuk benar-benar mengetahui anggaran tersebut di gunakan.

“Kita disini bekerja sama rasa, sama rata dan saling menghargai. Teman kita pimpinan kita tolong dipikirkan hal itu jangan semaunya sendiri,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Inspektorat Kabupaten Mimika Yulius Sasarari menjelaskan terkait pertanggung jawaban tersebut setiap akhir tahun anggaran OPD wajib menyampaikan laporan pertanggung jawaban tahun anggaran 2019 kepada badan keuangan. Dari dasar penyampaian pertanggung jawaban tapi juga membuat laporan keuangan OPD hingga itu dikompilasi menjadi laporan pertanggung jawaban Pemerintah daerah.

“Itakan sudah diumumkan oleh Pak Bupati, Pak wakil dan pak Sekda dan para pembina apel bahwa setelah akhir tahun anggran maka OPD wajib menyampaikan pertanggung jawaban,” jelas Sasarari usai mengikuti apel. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika