Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Wabup Lepas Tim BTB Trip I Antar Bantuan ke Asmat

Wakil Bupati Yohanes Rettob saat Tim BTB Trip I Antar Bantuan ke Asmat/Foto : T\Istimewa

Timika,TabukaNews.Com - Wakil Bupati Mimika Johanes Rettob Jumat (20/9) malam,  secara resmi melepas tim Baznas Tanggap Bencana (BTB) trip pertama guna mengantar bantuan korban bencana kebakaran di Asmat sebanyak 5 ton sembako dan tidak pakian layak pakai.

Pelepasan tim relawan yang ditandai dengan pengguntingan pita dilaksanakan di halaman Kantor Baznas Timika,  yang dihadiri Danlanud dan Danlanal serta komunitas-komunitas.

Wakil Bupati Mimika,Johanes Rettob dalam sambutannya menyampaikan agar kedepannya bantuan-bantuan seperti ini tidak boleh lagi sendiri-sendiri,tetapi harus saling koordinasi bersama agar apa yang dilaksanakan ini bisa tepat sasaran.

"Baznas merupakan satu kesatuan dengan pemerintah daerah dalam melaksanakan semua yang terkait dengan bencana. Kita anggap pelepasan ini merupakan tugas Pemerintah Kabupaten Mimika yang menugaskan tim assesment mewakili Pemerintah Kabupaten Mimika,"ungkap John.

Pemerintah Kabupaten Mimika juga telah menyediakan posko di Graha Eme Neme untuk bantuan sosial ke Asmat. juga sudah menyurati  untuk semua instansi pemerintah, swasta, lembaga dan lain sebagainya untuk sama-sama memberikan bantuan bencana kepada masyarakat korban kebakaran di Asmat.

Dengan menyediakan posko di Graha Eme Neme,kata Wabup berharap nantinya dari TNI Polri, LPMAK, PTFI juga akan memberikan bantuan kepada korban di Asmat.

"Mari kita mendoakan kepada tim relawan yang berangkat hari ini sesampainya di Asmat mudah-mudah selamat, dan pulangnya juga selamat sampai tujuan,"ungkapnya.

Sementara, Ketua Baznas Mimika,Ustadz Umar Habib dalam sambutannya menyampaikan,bahwa bantuan yang dibawa pada trip pertama ini, berupa sembako dan pakaian kurang lebih 5 ton.

"Yang berangkat ini untuk assesment ada 5 orang, trip pertama berangkat duluan untuk melihat apa yang paling urgent di Asmat,"ujarnya.

Sedangkan, untuk bantuan langsung tunai berupa uang,kata Umar,bahwa itu tidak langsung diberikan kepada para korban melainkan akan digunakan di Asmat untuk kebutuhan mendesak para korban.

"Setiap aksi kemanusiaan yang kami bawa selalu mengatasnamakan pemerintah daerah dan masyarakat Mimika,” Ungkapnya.

Lanjutnya,bahwa untuk trip kedua bantuan yang akan dikirim bersama Pemda barupa bantuan dari amy foundation yang juga sudah menyediakan beras sebanyak 6 ton dan 300 kardus sembako.

"Jadi Baznas Kabupaten Mimika ini untuk kesekian kalinya sejak dilantik sudah melakukan aksi kemanusiaan. Dimana sejak kejadian di Lombok, Sulawesi Selatan, Jayapura, Mappi dan saat ini akan membantu yang di Asmat,"katanya.(Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika