Main Area

pesparawi xiii
ulang tahun ke 36

Main

Wabup Launching Layanan Mimika Comand Centre

Kabupaten Mimika kini memiliki satu dari empat fasilitas layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), yaitu Mimika Command Center (MCC), Senin (16/12), resmi diperkenalkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika kepada masyarakat./Foto : Tim

 

Timika, TabukaNews.com – Kabupaten Mimika kini memiliki satu dari empat fasilitas layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), yaitu Mimika Command Center (MCC), Senin (16/12), resmi diperkenalkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika kepada masyarakat.

Dalam sambutannya Bupati Mimika yang di bacakan oleh Wakil Bupati Johannes Rertto menuturkan Komunikasi teknologi informasi dan menjadi kebutuhan yang sangat penting guna menunjang jangkauan pelayanan pemerintah masyarakat memperoleh dan memudahkan terbaik.

“informasi layanan teknologi informasi dan perkembangan komunikasi begitu pesat mendorong pemerintah untuk memacu diri mengikuti kemajuan tersebut sebagai bagian yang tidak terpisahkan guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.” Katanya.

Menurut Wabup, Undang-undang dasar negara republik indonesia tahun 1945 pasal 28 huruf f menyebutkan bahwa setiap warga negara berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi, untuk mengembangkan diri dan lingkungan sosialnya, serta berhak mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.

Hal ini diperjelas lagi melalui undang- tahun 2008 tentang undang nomor 14 keterbukaan infomasi publik. Dalam undang- undang ini memberikan kewajiban kepada setiap badan publik untuk membuka akses seluas-luasnya kepada setiap warga negara untuk mendapatkan informasi publik.

“Untuk itu, kita harus berbangga karena Mimika telah meningkatkan pelayanan teknologi informasi dan komunikasi bagi masyarakat melalui jaringan fiber optik di tiga puluh empat OPD, penyediaan jaringan internet untuk 4 (empat) distrik yakni distrik mimika barat jauh, distrik Agimuga, distrik jita, dan distrik jila, pengintegrasian sistem (command centre), dan operasional menara BTS Telkomsel Kokonao sudah dimanfaatkan oleh masyarakat luas,” jelasnya.

Wabup menambahkan bahwa ,nantinya, melalui mimika command centre ini semua layanan informasi yang dibutuhkan masyarakat khususnya menyangkut program pembangunan yang sudah, akan dan sedang dikerjakan oleh pemerintah dapat diketahui masyarakat sebagai objek dari pembangunan tersebut dan masyarakat bisa mendapatkan pelayanan secara online.

Sehingga, dengan adanya MCC ini dapat mengumpulkan dan memproses informasi yang dibutuhkan agar dapat memanage berbagai kegiatan dan kesadaran situasional secara cepat dan efektif, lengkap dengan infrastruktur yang diperlukan guna mengambil keputusan mengoordinasi yang diperlukan sebagai respons terhadap krisis yang dihadapi tindakan cermat, action plan untuk perbaikan dan pemulihan.

Sementera untuk dibidang pemerintah fasilitas yang dirancang untuk menampilkan data dari berbagai sumber secara simultan untuk mempermudah akses dan pengolahan data pada command center pemerintah daerah.

“Salah satu aspek penting adalah menampilkan semua data dari setia OPD secara real time dan sehingga kepala daerah mampu mengetahui kondisi daerah yang dipimpinnya sehingga mengambil keputusan dan kebijaksanaan karena keputusan melalui informasi data akurat, cepat dan benar command center adalah mata telinga dan tangan kepala daerah.” Terangnya.

Selain itu juga, Command centere juga terhubung pada enam CCTV  yang dipasang di enam titik sehingga dari pantauan CCTV tersebut bisa melihat dari layar comand centre aktifitas yang terjadi di jalan yang terpatau CCTV tersebut.

“jika ada pengedara melakukan pelanggaran secara otomatis CCTV akan menscreen shoot langsung nomor polisi kendaraan yang di gunakan oleh pelangar tersebut bahkan selain memantau kegaiatan di jalan raya untuk merekam kejadian seperti pelangaran, kecelakaan maupun tindak kejahatan juga untuk memantau pembuangan sampah oleh masyarakat.” Ujar Wakul Bupati Mimika dam sambutnya.

Comand Center langsung di uji coba oleh Wabup yang di saksikan oleh para tamu undangan yaitu melakukan pemantauan melalui CCTV yang terpasang di beberapa sudut kota timika, Selain itu melihat sitem yang terkonek denga sistem kerja pada Dinas Catatan sipil disitu, selanjutnya melakukan tele konfrence dengan dua distrik di wilayah pesisir yaitu Distrik Kokonao dan Distrik Jila.(tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika