Main Area

Main

Wabup : ASN Sebarkan Hoax Akan Ditindak

 Wakil Bupati Mimika,Johannes Rettob /Foto: Tim Tabukanews. com

Timika,TabukaNews.com - Pemerintah Kabupaten Mimika akan memberikan tindakan tegas kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkup Kabupaten Mimika, Papua apabila terlibat dalam menyebarkan berita-berita hoax.

"Kita tetap berikan tindakan tegas sesuai surat edaran dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan juga dari Kepala Badan Kepegawaian Negara,"kata Wakil Bupati Mimika,Johannes Rettob saat ditemui di Hotel Horison,Rabu (16/10).

Wabup mengatakan bahwa surat edaran dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan dari Kepala Badan Kepegawaian Negara itu menginformasikan tentang ASN supaya tetap taat pada UUD 1945 dan Pancasila.

"Surat edaran itu sudah sangat tegas dan ini harus disikapi karena itu undang-undang. Pokoknya sekarang kita harus memberikan pegawai negeri yang betul-betul bekerja sesuai dengan aturan, sikap perilaku sebagai pelayan masyarakat," kataWabup.

Untuk diketahui ada enam aktivitas ujaran kebencian berkategori pelanggaran disiplin ASN sesuai rilin BKN nomor 006/V/2018, yakni pertama menyampaikan pendapat baik lisan maupun tertulis lewat media sosial yang bermuatan ujaran kebencian terhadap Pancasila, UUD 1945, BhinnekaTunggal Ika, NKRI, dan Pemerintah. 

Kedua,menyampaikan pendapat baik lisan maupun tertulis lewat media sosial yang mengandung ujaran kebencian terhadap salah satu suku, agama, ras, dan antargolongan.

Ketiga,menyebarluaskan pendapat yang bermuatan ujaran kebencian (pada point 1 dan 2) melalui media sosial (share broadcast, upload, retweet, repost instagram dan sejenisnya).

Dan, keempat mengadakan kegiatan yang mengarah pada perbuatan menghina, menghasut, memprovokasi dan membenci Pancasila,UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan Pemerintah. Kelima,mengikuti atau menghadiri kegiatan yang mengarah  pada perbuatan menghina, menghasut, memprovokasi dan membenci Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, dan Pemerintah.

Ke enam, menanggapi atau mendukung sebagai tanda setuju pendapat sebagaimana point 1 dan 2 dengan memberikan likes, dislike, love, retweet, atau comment di media sosial. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika