Main Area

Main

Venue Basket Mimika Layak Untuk PON XX

 

Timika, TabukaNews.com – lokasi atau Venue pelaksanaan cabang olahraga basket yang terdapat di Mimika Sport Centre (MSC) di Mimika, dinilai sangat layak untuk penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 nanti.

Hal tersebut diungkap Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Danny Kosasih yang melakukan peninjauan langsung ke MSC, Senin (17/12).

Danny yang hadir langsung menyaksikan pertandingan uji coba test Event boasket sekaligus memantau kesiapan Venue cabang olahraga basket, juga mengevaluasi kekurangan baik panitia lokal Mimika sebagai tuan rumah. Menurutnya sudah cukup memuaskan dan memenuhi standar nasional bahkan internasional. 

Mulai dari tempat duduk atau tribun penonton yang cukup banyak itu sangat mendukung, tibambah dengan empat  ruang ganti yang telah memenuhi standar internasional. Namun masih ada yang perlu di koreksi atau diperbaiki pada lapangan.

"Cuma lapangan harus diperhatikan karena garisnya banyak. Di situ harus bersih, tidak ada garis badminton dan lain-lain, disitu hanya garis basket aja," ujar Danny. 

Menambahkan, venue basket tersebut terdapat ruang wasit, ruang kesehatan, ambulance, hingga lahan parkir cukup luas. Namun, beberapa ruangan masih kosong dan harusnya dimanfaatkan.  

Secara keseluruhan Denny menyebutkan untuk kesiapan panitia panitia local dari pengurus Pengkab Perbasi, sejauh ini sudah cukup baik dan mencapai sekitar 70 persen lebih. 

"Tinggal panitia lokal harus mengadakan lagi pertandingan untuk menambah jam terbang, pengalaman. Karena tidak bisa sekali saja langsung bisa," katanya. 

Perbasi pusat, katanya, telah mengirim tim dari Jakarta ke Mimika untuk melatih panita lokal agar benar-benar siap sebagai tuan rumah menyelenggarakan PON XX khususnya pada cabang olahraga bola basket. 

"Supaya dia bisa mengambil alih seperti petugas meja, dan bidang statistik. Kita mau pada saat PON, semua panitia adalah orang lokal yang melaksanakan," kata Danny.

Sementara itu, Kabid Kompetisi dan Pertandingan PB Perbasi Abdul Rozak yang juga technical delegate bola basket, mengakui adanya kemajuan kesiapan panitia lokal maupun sarana dan prasaranan pendukung PON di Mimika. 

"Termasuk venue, saya pikir sudah tidak ada masalah, karena memang sebelumnya kami sudah rekomendasi hal-hal yang perlu dibenahi, dan itu sudah dilakukan," katanya. 

Abdul mengakui, panitia lokal dari pengurus Pengkab Perbasi Mimika dibawah kepeminpinan Cessar Avianto Tunya yang juga Sekum KONI Mimika, sejauh ini kesipannya sudah sangat baik. 

"Kesiapan panitia lokal baik di lapangan maupun di luar lapangan, perlengkapan, keamanan, dan segala macam, saya lihat sudah mulai sinergi," kata Rozak. 

Menurut Abdul keberhasilan ajang uji coba tersebut menjadi tolak ukur kesiapan panitia dan sara prasarana pendukung PON pada Oktober 2020 mendatang. Tinggal beberapa kesiapan yang akan ditingkatkan, antaralain pelatihan terhadap panitia lokal khususnya untuk tim statistik. Ini merupakan salah satu elemen yang harus dimiliki oleh tuan rumah setiap mengadakan event bolabasket nasional. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika