Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

Vaksinasi Tahap Pertama di Mimika Berjalan Lancar

Timika, Tabukanews.com - Proses penyuntikan vaksin Covid-19 jenis Sinovac tahap pertama terhadap 17 pejabat publik di Kabupaten Mimika yang digelar di Kantor Pusat Pemerintahan SP3, Rabu (22/1) berjalan dengan lancar. 

Proses screening yang dilakukan oleh beberapa tenaga medis yang telah disiapkan berbuah manis. Meski beberapa pejabat yang sempat dinyatakan tidak memenuhi syarat, namun setelah istirahat beberapa saat, mereka akhirnya dinyatakan lolos dan menerima suntik vaksin.

Adapun penerima vaksin pertama di tahap awal ini adalah Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Yohanis Kapiyau, Letkol Pnb. Surono.

Sementara untuk tiga pejabat publik, yakni Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, Ketua MUI Mimika, H. Ustad Muh. Amin, dan Sekretaris Bappeda Mimika, Hillar Limbong Allo tidak dapat menerima vaksinasi dengan alasan kesehatan.

Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob usai kegiatan kepada awak media mengatakan, bahwa dengan adanya proses vaksinasi tahap pertama terhadap pejabat publik Mimika tersebut adalah untuk meyakinkan masyarakat yang sampai kini masih meragukan keakuratan vaksin tersebut.

"Tidak mungkin pemerintah akan mencelakai warganya sendiri. Vaksin ini berguna agar kita bisa terhindar dari virus Corona yang masih merajalela dimana-mana," tuturnya.

Ia juga menekankan, bahwa salah satu keuntungan lainnya dari vaksinasi tersebut adalah warga bisa dengan bebas bepergian ke manapun tanpa harus mengikuti serangkaian protokol yang diterapkan oleh pemerintah.

"Daripada ditusuk hidung (swab anti gen) tiap mau berangkat, mendingan vaksin satu kali beres langsung," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Provinsi Papua, Robby Kayame menjelaskan, bahwa pihaknya memilih Kabupaten Mimika sebagai salah satu kabupaten yang melakukan vaksinasi ditahap pertama, adalah karena letak Kabupaten Mimika berada ditengah-tengah antar wilayah pegunungan dan pesisir pantai.

"Timika ini pintu masuk Papua dan tempat strategis untuk berkunjung ke kabupaten-kabupaten tetangga yang ada di Papua. Oleh sebab itu kita mau agar di Timika melakukan vaksinasi ditahap pertama. Terimakasih juga kepada para pejabat publik yang telah rela menjadi orang pertama yang menerima vaksin. Ini menandakan, bahwa mereka mendukung penuh program dari pemerintah pusat untuk mencegah penularan virus Corona," ungkapnya.

Vaksinasi nantinya akan dilanjutkan kepada 1.723 tenaga kesehatan yang akan diselenggarakan hingga tanggal 28 Februari mendatang yang akan dilakukan di empat rumah sakit yang menjadi fasilitas utama, diantaranya RSUD Mimika, RS Tembagapura, RSMM dan RS Kasih Herlina dan termasuk 10 Puskesmas.

Setelah pejabat publik dan tenaga medis mengikuti vaksinasi, proses akan dilanjutkan yang menyasar kepada ASN, TNI-Polri, Karyawan Bank, pegawai bandara, pegawai pelabuhan, pegawai PLN, Wartawan hingga karyawan Perusahaan Telekomunikasi. (Evan)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika