Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

Usai 17 Agustus, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Siap Latih Pengerajin Noken OAP di Dua Distrik

Timika,TabukaNews.com - Sebagai lembaga yang ditunjuk untuk memberdayakan kaum perempuan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Mimika dalam waktu dekat ini akan menggelar pelatihan pembuatan noken bagi pengrajin Noken Orang Asli Papua (OAP) 

Sekretariat Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Mimika,  Agustina Rahadet saat ditemui wartawan diruang kerjanya,  Selasa (10/8) mengatakan, bahwa kegiatan tersebut akan dilaksanakan usai perayaan 17 Agustus.

"Khusus untuk bidang Pemberdayaan Perempuan, kita akan buat pelatihan pembuatan Noken khsusus mama-mama Papua yang kami gelar di dua distrik, yakni Distrik Wania dan Mimika Baru," tuturnya. 

Sementara untuk peserta yang akan ikut pelatihan dikatakan berjumlah 80 peserta, dimana masing-masing distrik mengutus 40 orang untuk mengikuti pelatihan selama 3 hari. 

Dijelaskan pula, bahwa pihaknya menggelar kegiatan tersebut bertujuan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh mama-mama Papua dalam menganyam Noken, yang bisa saja menjadi salah satu nilai jual pada saat pelaksanaan PON dan Pesparawi mendatang. 

Sementara saat disinggung mengenai penanganan kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang selalu membuat kaum perempuan menjadi korban, pihaknya selalu berupaya bekerja sama lintas sektor untuk bisa menghentikan kasus KDRT di Kabupaten Mimika. Baik melalui pendekatan kerohanian, dalam arti himbauan pendeta, pastor serta ustad agar para kepala keluarga bisa menjadi pelindung bagi anak dan isteri mereka. (Evan)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika