Main Area

pesparawi xiii
robby omaleng

Main

Turnamen Kombat Cup II Resmi Bergulir

Timika,TabukaNews.com - Turnamen Cup II yang digelar oleh Komunitas Basket Timika (Kombat) resmi bergulir. Kegiatan dibuka secara langsung oleh Sekretaris Perbasi Mimika, Reddy Wijaya di Lapangan SMA Negeri 1 Mimika, Kamis (8/4).

Dalam sambutannya, Sekretaris Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kabupaten Mimika Reddy Wijaya mengatakan giat ini bertujuan untuk mencari bibit-bibit muda terutama tingkat SMP dan SMA.

“Kalau kita lihat, di sekolah sudah ada sarana lapangan basket namun belum semua punya tim basket putra dan putri. Mari bangun komunikasi dan kerjasama untuk membuat klub dan tim basket putri dan putra,” katanya.

Lanjutnya, saat ini Timika telah mempunyai tim kebanggan yang berlaga di ajang nasionl yakni NSH Mountain Gold Timika.

“Saya berharap dukungannya untuk tim NSH Mountain Gold yang sedang berlaga di ajang nasional. Mudah-mudahan tahun kedepan tim ini bisa diperkuat oleh anak-anak asli Papua terutama dari ajang ini akan muncul generasi penerus. Selamat betanding, junjunh tinggi sportifitas,” ucapnya menyemangati.

Ketua Panitia Kombat Cup II Don Richardson Poei dalam sambutannya mengatakan pihaknya menggelar turnamen ini dalam rangka memperingati Komunitas Basket Timika yang biasa dikenal dengan nama Kombat," kata dia.

Turnamen sendiri, ditambahkannya berlangsung di Lapangan SMA Negeri 1 Timika. Dengan diikuti 25 Tim Basket, yang terdiri dari 11 Tim di kategori bebas umur dan 14 tim dikategori dibawah usia 19 tahun.

"Sebelumnya di tahun 2018 kami pernah menggelar turnamen Kombat Cup 1, di hari jadi komunitas kami yang pertama. Puji Tuhan di tahun ke empat ini, kami bisa menggelarnya lagi," ujarnya.

Dari turnamen yang dibuat oleh Komunitasnya ini, dirinya berharap bisa dapat menyatukan kembali minat-minat anak muda dalam bermain basket di Kabupaten Mimika ini. Apa lagi saat ini, Mimika memiliki klub profesional yang berlaga di kasta tertinggi Liga Basket Indonesia. "Mungkin dari ajang ini ada bakat yang dapat tersalurkan dan dapat dilirik untuk bermain di tim yang saat ini berlaga di Liga Basket Indonesia. Dari turnamen ini kita juga kedatangan 3 tim basket dari Jayapura yang ikut bertanding," paparnya

Ketika ditanya terkait pergelaran turnamen di masa pandemi ini, dirinya menjelaskan tetap mengikuti protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pihak terkait yang telah memberikan ijin.

"Kami sudah diberikan ijin oleh pihak-pihak terkait dalam hal ini satgas Covid dan juga pihak keamanan dalam hal ini polres Mimika, "terangnya.

Dipastikan protokol kesehatan akan di jalankan  semaksimal mungkin dan turnamen akan berlangsung dengan membatasi jumlah penonton dari masing-masing pendukung tim yang bertanding.

Dalam turnamen Kombat Cup II ini juga diberikan dukungan oleh pihak-pihak yang juga sangat mendukung terhadap kegiatan positif anak-anak muda Mimika khususnya di olahraga Bola Basket. Dukungan tersebut diberikan oleh Induk Organisasi Basket yakni Perbasi Mimika, YPMAK, Lemasko, HIPMI, PT Srikandi Mitra Jaya, PT Nemangkawi Jaya, PT Iwamako, PT Stamford Tyres, Dwi Koala Kencana, serta Four Brothers.

"Saya dan rekan-rekan komunitas mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang sudah mendukung turnamen basket yang akan kami gelar ini, tutupnya.

Laga pertama turnamen Kombat Cup II dibuka oleh pertandingan basket junior antara Ero Tembagapura versus Zetro Elite yang dimenangkan oleh Ero Tembagapura dengan skor akhir 28-12.

Sementara di laga kedua, pertandingan senior mempertandingkan klub asal Jayapura King Town melawan tim tuan rumah Exodus, namun sayangnya tim tuan rumah harus mengakui kekalahannya dengan skor akhir 26-54. (Evan)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika