Main Area

pesparawi xiii
ulang tahun ke 36

Main

Turnamen Bola Basket Perbasi Cup 1 Tingkat SLTP 2019, Srikandi Sentra Pendidikan Juara Perbasi Cup 1 Kategori Putri

Juara-Tim putri SMP Sentra Pendidikan saat menerima piala dan hadiah setelah keluar sebagai juara pertama di turnamen Perbasi Cup 1 tahun 2019/Foto : Istimewa

Timika, Tabukanews.com - Tim basket putri SMP Sentra Pendidikan berhasil keluar sebagai juara di turnamen Perbasi Cup 1  tingkat SLTP pada kategori Putri. SMP sentra pendidikan sendiri menobatkan diri sebagai juara di turnamen ini, usai mengalahkan lawannya SMP Santa Maria dengan skor 30-19. Partai final kategori putri tersebut, dipimpin langsung oleh tiga wasit asal Perbasi Mimika Wily Toron, John Mayabubun dan Aditya Lefaan. Ketiga wasit sendiri telah mengantongi Lisensi nasional.

Pertandingan yang berlangsung pada jumat (22/11) di lapangan Basket Sekolah Taruna Papua. Sekolah yang memiliki lapangan basket sangat bagus ini, menjadi saksi final pertama di ajang turnamen basket tingkat SLTP. Pada quarter pertama di babak pertama ini, SMP Sentra Pendidikan mengungguli lawannya dengan skor 5-4.

Memasuki quarter kedua di babak pertama, anak-anak dari SMP Santa Maria mencoba untuk keluar dengan permainan Offensive dalam meladeni permainan ngotot anak-anak SMP Sentra pendidikan tersebut. Alhasil poin demi poin dapat dihasilkan di quarter kedua ini, permainan terbuka dan saling membalas dalam mencetak poin membuat partai final kategori putri semakin menjadi seru untuk di tonton.

Kedua tim yang mempertontonkan kemampuannya dalam bermain basket, membuat riuh suasana penonton yang menyaksikan pertandingan tersebut. Seakan ingin menunjukan bahwa kedua tim inilah yang layak masuk ke partai Final. Dengan ditiupnya pluit oleh wasit di quarter kedua ini, poin pun tak berselisih jauh antara Sentra Pendidikan dan Santa Maria. Skor 8-9 menutup pertandingan di quarter kedua dan masih sementara unggul tim putri SMP Sentra Pendidikan.

Ketika memasuki quarter ketiga intensitas permainan semakin meningkat, kedua tim yang bermain terbuka ini saling jual beli serangan dalam permainannya. Tidak hanya itu, tembakan-tembakan tiga angka pun diperlihatkan pada quarter ketiga tersebut. Partai final yang menyuguhkan tontonan yang luar biasa menarik, bahkan pelatih kedua tim pun terlihat begitu tegang dalam menyaksikan anak asuhnya yang sedang berlaga.

Menutup pertandingan di quarter ketiga ini, poin pun tak berselisih jauh 15-20 untuk keunggulan tim SMP Sentra Pendidikan. Seakan tak mau kalah dipartai final, anak asuh dari Marcel lesomar ini berjuang di quarter ke empat yang merupakan babak penentuan juara dari kedua tim tersebut. Alih-alih ingin menyerang, anak-anak dari SMP Santa Maria ini terlihat di tekan oleh anak-anak SMP sentra Pendidikan. Nampaknya hal itu sudah menjadi strategi dari pelatih Sentra Pendidikan yang membaca permainan lawannya tersebut. Sentra Pendidikan melakukan penjagaan kepada masing-masing pemain dengan begitu rapat, hingga pemain-pemain Santa Maria kesulitan dalam mengembangkan permainannya tersebut.

Kualitas permainan dan fisik yang cukup prima, membuat tim Sentra Pendidikan mampu memainkan  strategi  man to man marking. Strategi ini biasa dikenal dengan pemain menjaga ketat satu pemain lawan, kemanapun lawan pergi harus terus diikuti. Dengan memanfaatkan serangan balik, ketika lawan lengah hal inilah yang dilakukan oleh anak-anak SMP sentra pendidikan. Hasilnya cukup luar biasa, mereka menutupnya dengan kemenangan skor 30-19.

Dengan demikian tim putri SMP Sentra Pendidikan, keluar sebagai juara turnamen basket Perbasi Cup 1 kategori Putri tingkat SLTP. Rasa sedih yang tak terbendung terlihat dari raut wajah anak-anak SMP santa maria, ketika wasit yang memimpin jalannya pertandingan meniup peluitnya menandakan partai final tersebut telah usai. Satu hal yang patuh di contoh dalam partai final tingkat SLTP ini adalah sportifitas yang luar biasa ditunjukan oleh kedua tim dalam pertandingan tersebut. bahkan saling menyemangati setelah usai pertandingan itu sendiri. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika