Main Area

pesparawi xiii

Main

Turnamen Bola Basket Perbasi Cup 1 Tingkat SLTP 2019, SMP YPJ Tembagapura Juara Perbasi Cup 1 Kategori Putra

Kampiun- Tim basket SMP YPJ tembagapura berpose usai menjadi kampiun di ajang turnamen Perbasi Cup 1 Tingkat SLTP tahun 2019/Foto : Istimewa

Timika,Tabukanews.com-  SMP Yayasan Pendidikan Jayawijaya (YPJ) yang berada di Distrik Tembagapura akhirnya keluar sebagai kampiun di ajang turnamen bola basket Perbasi Cup 1 tahun 2019 tingkat SLTP pada kategori putra. SMP YPJ Tembagapura sendiri mengukuhkan dirinya sebagai juara, usai mengalahkan lawannya SMP Santa Maria dengan skor telak 52-22.

Partai final kategori putra yang berlangsung di lapangan basket Sekolah taruna Papua pada Jumat (22/11) tersebut, berlangsung begitu meriah dengan disaksikan oleh ratusan siswa-siswi SMP yang ada di Kabupaten Mimika. Pertandingan yang dipimpin oleh tiga wasit berlisensi nasional asal tanah Amungsa ini yakni Surya Haay, Thesya Siku dan John Mayabubun.

Babak pertama di Quarter pertama, wasit harus memberikan tembakan bebas untuk tim SMP YPJ Tembagapura dikarenakan salah satu pemainnya mengenakan kostum yang berbeda saat bertanding. Namun kesempatan tersebut, tidak dimaksimalkan oleh pemain dari SMP Santa Maria. Pasalnya tembakan bebas tersebut tidak ada yang membuahkan poin bagi timnya tersebut.

Belajar dari kesalahan tersebut, anak-anak dari pegunungan Tembagapura ini keluar menyerang total ke pertahanan tim SMP Santa Maria. Tembakan tiga angka pun membuahkan hasil untuk tim SMP YPJ Tembagapura. Seakan tak ingin kalah begitu saja di partai final ini, SMP Santa Maria pun meladeni permainan offensive yang dilakukan oleh SMP YPJ Tembagapura. Partai final pun menjadi seru dengan permainan saling serang yang diperagakan kedua tim tersebut.

Hingga quarter pertama berakhir, tim SMP YPJ Tembagapura unggul sementara dengan skor 7-4 atas SMP Santa Maria. Memasuki quarter kedua di babak pertama, nampaknya intensitas serangan dari SMP YPJ Tembagapura semakin ditingkat. Hasilnya YPJ Tembagapura mampu mencetak poin demi poin dari pemain-pemainnya yang memiliki postur tinggi besar tersebut. Dengan serangan bertubi-tubi yang dilakukan oleh YPJ Tembagapura di Quarter kedua ini, membuat SMP Santa Maria tak mampu mencetak satu poin. Hingga wasit meniupkan peluitnya, tanda berakhirnya quarter kedua SMP YPJ Tembagapura masih tetap unggul dengan skor 17-4.

Memasuki babak kedua di quarter ketiga ini, tim asuhan Marcel Lesomar mencoba untuk keluar menyerang di menit-menit awal babak kedua. Nampak cukup berhasil strategi yang diinstruksikannya kepada anak-anak Santa Maria tersebut dalam meladeni permainan cepat tim YPJ Tembagapura.

SMP Santa Maria mampu mencetak beberapa poin diquarter ketiga ini untuk memperkecil jarak dari lawannya SMP YPJ Tembagapura. Selain postur yang berbeda jauh, skill dan kerja sama tim yang padu adalah kunci dari kekuatan SMP YPJ Tembagapura yang sulit dibendung pada partai final ini. Akhirnya Quarter ketigapun ditutup dengan keunggulan 33-15 untuk SMP YPJ Tembagapura.

Seakan tak putus semangat, SMP Santa Maria mencoba menyerang di quarter keempat babak kedua ini. Partai final pun semakin seru hingga quarter keempat  ini, bahkan sorak-sorakan supporter dari kedua tim pun mampu membakar semangat kedua tim di partai final ini. Serangan yang selalu dapat dipatahkan ini, tak menyurutkan tim SMP Santa Maria untuk tetap bermain offensive.

Meskipun demikian, SMP YPJ tembagapura terlalu sulit untuk ditaklukan dengan semangat yang luar biasa dari anak-anak SMP Santa Maria tersebut. Kualitas teknik bermain basket yang merata dari setiap pemain terlalu sulit untuk dibendung. Dengan demikian partai terakhir di babak kedua ini di tutup dengan kemenangan dari SMP YPJ Tembagapura dengan skor telak 52-22 atas lawannya SMP Santa Maria.(tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika