Main Area

pesparawi xiii
robby omaleng

Main

Tujuh OPD Diminta Kembalikan UP 2020 Sebesar Rp1,7 M

Timika,TabukaNews.com - Sebanyak tujuh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemda Mimika diminta untuk mengembalikan Uang Persediaan (UP) Tahun 2020 sebesar 1,7 Miliar yang hingga kini belum dipertanggungjawabkan. Hal ini disampaikan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Mimika, Marthen Malisa saat ditemui awak media di Hotel Grand Mozza beberapa waktu lalu.

"Besaran anggaran yang belum dipertanggungjawabkan dari 7 OPD ini Rp. 1,7 miliar lebih. Sebenarnya batas waktu penyampaian UP ini diminta per 31 Desember 2020 harus selesai pada tahun berjalan. Tapi hingga saat ini belum juga dipertanggungjawabkan," tuturnya.

Menurutnya, karena belum juga dipertanggungjawabkan dan sudah lewat batas waktu, membuat  7 OPD tersebut tidak bisa lagi menyerahkan laporan pertanggungjawaban melainkan mengembalikan uang cash yang telah digunakan. 

"Berdasarkan hasil audit BPK itu harus mengembalikan dalam bentuk uang cash karena tidak bisa lagi dipertanggungjawabkan setelah lewat tahun anggaran," ujarnya. 

Adapun kendala yang dijadikan alasan oleh masing-masing OPD tersebut adalah karena adanya pergantian pejabat lama ke pejabat baru, uang diambil oleh kepala OPD dan lain sebagainya. 

"Menurut saya itu sebenarnya bukan alasan, namanya penggunaan uang itu harus jelas. Sanksinya kita tidak proses UP tahun ini sebelum melakukan pengembalian UP tahun lalu," ujarnya. 

Katanya, bagi OPD yang tidak melakukan pertanggungjawaban penggunaan uang persediaan tahun 2020 akan berdampak dan sangat berpengaruh pada penetapan opini kabupaten. 

Dijelaskan, uang persediaan ini adalah uang yang dikelola oleh bendahara pengeluaran untuk membiayai kegiatan-kegiatan yang mendesak di OPD di luar belanja modal.

"Tahun ini hampir semua OPD yang sudah mengajukan UP kecuali yang belum melakukan pertanggungjawaban UP tahun 2020 itu ada 7 OPD yang tidak kami proses," imbuhnya. (Evan) 

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika