Main Area

Main

Trigana Air Resmi Layani Wamena - Timika Pergi Pulang

Ilustrasi - Trigana Air Resmi Layani Wamena

Timika.TabukaNews.com - Maskapai Penerbangan Trigana Air mulai hari ini, Kamis (14/11/), mulai melayani rute penerbangan Timika-Wamena  pulang pergi (pp) dengan harga tiket yang cukup murah. Dengan mengunakan armada pesawat jenis ATR seri 72/500.

Penerbangan perdana ke Wamena menggangkut 30-an penumpang yang dinahkodai oleh Capten Rully AG Raditia SN, Pramugari 1 Dwi Nur, Dwi Asmita, Nekson Londo (FOO) dan Engginering Kasmaryanto.

Kedatangan pesawat Trigana ATR 72/500 di Bandara Sisi Selatan Moses Kilangin disambut Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob dengan meggalungkan bunga kepada perwakilan dirut penerbangan udara, manajemen dan pilot Trigana Air.

Sementara untuk bagasi, barang tentengan maksimal 4 kilo dan free bagasi 10 kilogram, tiap over bagasi akan dikenakan Rp 15 ribu per perkilogram.

Mewakili Dirut PT Trigana Air Service, Ahmad Irwan menyampaikan terimakasih kepada Pemda Mimika dan semua otoritas bandara yang telah memberikan dukungan kepada Trigana sehingga boleh melangsungkan penerbangan tersebut.

“Semoga kehadiran Trigana Air dapat memberikan pelayanan secara reguler yang berkesinambungan kepada masyarakat. Kami pun sedang mempelajari rute operasi Timika-Merauke-Timika. Dalam waktu dekat kami akan buka penerbangan ini dan kami minta izin agar pesawat ATR 72/500 kami boleh menginap Bandara Moses Kilangin,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Kantor Otoritas Wilayah X, Usman Effendi. Ia memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah membantu kelancaran penerbangan ini.

“Semoga ke depan Timika akan lebih ramai. Timika sangat seksi sehingga semua pasti akan kesini. Walaupun UPBU baru berumur 5 tahun namun sangat intens melayani masyarakat hingga pedalaman,” ungkapnya.

Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob mengatakan sudah 10 tahun lamanya manajemen Trigana Air meminta beroperasi di Mimika untuk melayani penerbangan ini, dengan tariff  Rp 980.000 dan selanjutnya akan beroperasi setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu.

“Selamat kepada masyarakat Mimika yang sudah dikunjungi lagi satu penerbangan. Ini prosesnya sangat lama, 10 tahun. Dulu saya minta tolong tapi sekarang saya perintah harus masuk,” ujar Rettob

Ia mengatakan, hambatan saat itu hanya karena adanya miss komunikasi. Wabup juga mengiyakan bahwa Trigana Air akan membuka rute baru Timika-Merauke-Timika.

“Walau dengan apron yang terbatas tetapi kita harapakan pembukaan penerbangan terus terjadi. Pembukaan rute baru selain memudahkan layanan penerbangan bagi masyarakat, juga akan memberikan multy effect sehingga harapan kita ke depan terjadi konektifitas secara intern dari Mimika ke wilayah-wilayah Papua yang lain,” ujarnya.

“Terimakasih juga kepada semua otoritas bandara yang telah membantu mempermudah pelayanan ini. Terutama dalam memberikan dukungan kepada bupati dan saya dalam program 100 hari kerja kami. Semua ini kita lakukan untuk masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, selain ATR 72/500, selama dua tahun terakhir ini, Trigana Air telah menyalani penerbangan rute barang (kargo-red) dengan menggunakan pesawat boeing seri 300. (tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika