Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

Trifena Tinal Gandeng IFG Sosialisasi Manfaat Asuransi dalam Peningkatan Ekonomi

Timika,TabukaNews.com

Anggota Komisi VI DPR RI yang membidangi BUMN, Trifena M Tinal, BSC, bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), melalui Indonesia Financial Group (IFG) melakukan sosialisasi kepada para pelaku Usaha Kecil Menengah (UMKM) di Mimika dengan tema ”Peran IFG dan Anak Perusahaan dalam Menyediakan Produk Asuransi dan Penjaminan di Masyarakat”.

Sosialisasi berlangsung di Jalan Hasanuddin, Kelurahan Inauga, Distrik Mimika Baru, Senin (25/10) diikuti sejumlah pelaku UKM di Mimika termasuk kontraktor.

IFG atau PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) merupakan holding BUMN bidang asuransi dan penjaminan yang  dibentuk oleh pemerintah untuk menjalankan fungsi pembangunan nasional melalui industri asuransi dan penjaminan. Tujuannya adalah agar seluruh masyarakat bisa mendapatkan perlindungan. 

IFG menjadi induk usaha dari sejumlah perusahaan, seperti PT Jasa Raharja, PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo), PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo), PT Jasa Asuransi Indonesia (Jasindo), PT Bahana Sekuritas, PT Bahana TCW Investment Management, PT Bahana Artha Ventura, PT Bahana Kapital Investa, PT Graha Niaga Tata Utama. 

Menurut Trifena M Tinal, IFG ini adalah BUMN yang bisa dibilang sebagai salah satu instrumen negara untuk menyejahterakan masyarakat. Lewat bidang usahanya, yaitu asuransi dan penjaminan.  Ia berharap melalui sosialisasi ini, para peserta yang merupakan pelaku usaha bisa mendapatkan pelayanan yang maksimal dari unit-unit IFG dan meningkatkan kapasitasnya. 

Lanjutnya, melalui pelayanan asuransi, masyarakat bisa mendapatkan berbagai manfaat dan kemudahan. Dari sisi ekonomi tentunya meringankan beban masyarakat, karena tidak perlu dibebani oleh biaya yang besar ketika tejadi sesuatu yang tidak diinginkan. Sebut saja seperti Jasaraharja. Ketika terjadi kecelakaan, maka masyarakat bisa dibantu melalui produknya, termasuk juga asuransi yang lainnya yang tergabung dalam IFG.

Oleh karena itu Trifena mengajak masyarakat untuk tidak ragu mengakses layanan dari seluruh kelompok usaha IFG, dalam rangka mendorong peningkatan ekonomi.

Sementara itu, sejumlah narasumber yang hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya, Arief Wicaksono, Pimpinan Jamkrindo Cabang Jayapura,  Viky Febriyanto  mewakili Askrindo Cabang Jayapura, Ika Maulana selaku Kepala Jasindo Cabang Jayapura, serta Yoga Mambrasak dari Jasaaraharja Jayapura.

Menurut Viky Febriyanto , yang ditemui usai sosialisasi belum banyak masyarakat. Tapi sebenarnya layanannya cukup banyak untuk masyarakat. 

Misalnya saja, PT Jasindo yang juga melayani asuransi untuk petani dan nelayan. Misalnya saja ketika petani gagal panen, bisa mendapat asuransi semacam ganti rugi. Juga ketika nelayan ada kecelakaan, bisa dapat santunan.

Di dalam IFG juga ada PT Jamkrindo yang bergerak di bidang penjaminan kredit.  Jadi ketika warga meminjam uang untuk usaha di bank, itu ada penjaminnya, salah satunya namanya Jamkrindo ini. 

Ketika Jamkrindo memberikan jaminan maka pihak bank bisa mendorong pemberian kredit. Dan salah satu yang dijamin oleh Jamkrindo adalah Kredit Usaha Rakyat (KUR) di samping sejumlah produk kredit lainnya.

“Biasanya sih bank sudah bekerja sama dengan salah satu asuransi. Tetapi masyarakat juga bisa mengikuti asuransi secara mandiri jika memang ada,” ungkap Viky.

Namun ia menyarankan agar masyarakat teliti dalam memilih asuransi. Setidaknya yang sudah terdaftar dan diakui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), untuk memastikan aman, sehingga tidak tiumbul masalah di kemudian hari.

“Saya menyarankan kepada masyarakat untuk memanfaatkan asuransi, karena memberikan rasa aman, dalam berinvestasi maupun diri sendiri,” katanya.

Ia mencontohkan, ketika memiliki usaha lalau diasuransikan, maka akan mengurangi resiko, ketika terjadi musibah seperti kebakaran, maka kerugiannya ditanggung oleh asuransi. Termasuk rumah dan kendaraan atau investasi lainnya dapat diasuransikan untuk meminimalisir resiko yang mungkin terjadi.

Sementara itu, Naema Rumpaisum, salah seorang peserta mengungkapkan, melalui sosialisasi ini dirinya menjadi memahami manfaat dari asuransi, dalam menjalankan usahanya. Kata dia, sebagai pengusaha local, dirinya belum banyak memahami akses perbankan namun setelah sosialisasi ini, ia mengetahui peranan asuransi dalam menjamin akses kredit di bank dalam rangka meningkatkan usahanya.

“Ternyata kita dijamin oleh asuransi, sehingga ketika terjadi masalah bisa ditalangi ,” imbuhnya. (Evan)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika