Main Area

pesparawi xiii
ulang tahun ke 36

Main

Tradisi Pedang Pora Sambut Kapolres Baru di Polres Mimika

AKBP I Gusti Gede Era Adhinata, S.I.K bersama Ketua Bhayangkari ketika disambut tradisi pedang pora.

Timika,TabukaNews.com – Usai serah terima jabatan kapolres Mimika di Polda Papua, Jayapura pecan lalu, Senin (11/11) pagi, AKBP I Gusti Gede Era Adhinata, S.I.K. menginjakkan kakinya di halaman Polres Mimika, KabupatenMimika, Papua disambut tradisi pedang pora.

Pasca dilantik AKBP I Gusti Gede Era Adhinata SIK menjadi Kapolres Mimika menggantikan AKBP Agung Marlianto S.I.K., M.H. 

Tradisi pedang pora merupakan seremonial kemiliteran yang dilakukan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) dan Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) saat melepas dan menyambut pimpinan/pejabat baru di lingkungan tersebut.

Suasana pergantian tersebut berlangsung khidmat. Mulai dari gerbang barat mapolres hingga menuju depan ruang lobi, berjejer para perwira membawa pedang. Mereka mulai mengangkat pedang setelah Kapolres Mimika didampingi Ketua Bhayangkari polres mimika tiba di pintu utama Polres Mimika Jalan Agimuga Mile 32.

Sebelum tradisi pedang pora dimulai, juga disambut tarian seka kamoro, merupakan tarian adat Papua dari suku kamoro yang mendiami pesisir pantai.

Kapolres beserta istri lantas berjalan melewati rangkaian pedang yang dipegangi para perwira tersebut. Dalam penyambutan itu, kapolres juga diberikan kalung bunga oleh Wakapolres Mimika beserta sang istri sebagai tanda penghormatan dan selamat datang di tempat tugas yang baru.

Usai acara pedang pora, dilanjutkan dengan apel perdana dan pertemuan tertutup bersama jajaran perwira tinggi di Polres Mimika. (Tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika