Main Area

Main

Tomas Kamoro Minta ASN Asli Kamoro Diberdayakan

Tokoh masyarakat Kamoro, Marianus Maknaipeku/ Foto : Tim

TIMIKA, TABUKANews.com - Tokoh masyarakat Kamoro, Marianus Maknaipeku meminta kepada Bupati Mimika, Eltinus Omaleng untuk memberdayakan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari suku Kamoro.Pasalnya, dalam waktu dekat ini, Bupati Mimika akan melakukan mutasi pejabat dalam skala besar.

Saat ditemui wartawan di kawasan Yos Sudarso, Senin (28/1), Marianus mengatakan, bahwa pada dasarnya orang Kamoro mempunyai banyak pegawai yang sudah memiliki kualitas yang layak untuk menduduki sebuah jabatan strategis dalam pemerintahan.

“PNS orang asli Kamoro itu cukup banyak, dan golongannya juga sudah pas untuk menjadi pejabat. Jadi kami minta kepada Pak Bupati untuk bisa mempertimbangkan hal ini. Jangan angkat kepala dinas yang sistemnya pake lobi dan sebagainya,” tuturnya.

Ia berharap kepemimpinan Eltinus Omaleng kedepannya bisa mengangkat pejabat yang benar-benar mempunyai kualitas dibidangnya, tanpa lupa memperhatikan putra asli daerah Mimika.

“Kita ada di Papua yang menjalankan Otsus. Jadi tidak ada salahnya kalau Pak Bupati mengangkat putra asli daerah Mimika. Pegawai asli Amungme dan Kamoro sudah cukup banyak. Berikanlah mereka kesempatan untuk menjadi kepala dinas, sehingga mereka bisa menjalankan tugas mereka dengan baik untuk berbakti bagi daerahnya sendiri,” katanya.

Hingga kini, isu mengenai roling dikalangan pejabat Pemda Mimika masih santer terdengar, namun waktu pelaksanaannya masih menjadi misteri. Hal ini membuat sebagian ASN dilingkup Pemda Mimika terus bertanya-tanya mengenai kepastiannya. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika