Tokoh Pemuda Harapkan Anggota DPRP Upayakan Perdamaian di Kabupaten Puncak

 Tokoh Pemuda Harapkan Anggota DPRP Upayakan Perdamaian di Kabupaten Puncak

Timika, TabukaNew.com - Tokoh Pemuda Kabupaten Puncak - Papua, Denilson Wonda dan Awen Magai, menyoroti kinerja Anggota DPR Provinsi Papua yang meraih dukungan suara terbanyak dari Kabupaten Puncak, Elvis Tabuni.

Dalam rilis pers yang diterima media Kamis (23/06/2022), keduanya meminta konstribusi nyata dari Wakil Rakyat-nya, agar bukan hanya sekedar beretorika banyak cerita sementara tidak mengupayakan kebutuhan warga, yang terkini bertalian dengan situasi Kamtibmas yang masih mencekam di Kabupaten Puncak.

“Sejak tahun 2020 bulan April, kejadian tembak menembak terjadi antara TNI-Polri dan TPN/OPM di Kabupaten Puncak membuat situasi sangat mencekam dan kondisi keamanan kenyaman sangat tidak stabil. Semua warga setempat, para pegawai, dalam kondisi trauma.Tidak nyaman. Pasti pemerintah punya alternatif lain untuk kelancaran administrasi roda pemerintahan,” kata Denilson Wonda.

Menurutnya, sebagai anak daerah Puncak, seharusnya Wakil Rakyat yang mewakili Puncak untuk duduk di DPRP harus tampil sebagai tokoh yang menyuarakan perdamaian di Papua khususnya di Kabupaten Puncak yang masih terus mencekam.

“Kita orang Puncak, kita bicara tidak seenaknya, harus sadar diri dalam berpolitik karena dinilai ketokohan kita (darimana). Beliau harus sadar! Beliau sendiri suara rakyat terbanyak dari Dapil Puncak, yang bisa percayakan beliau ada di DPR provinsi Papua.  Selama ini ada di DPR Provinsi, Pak Elvis buat apa saja kah untuk Kabupaten Puncak?” semburnya.

Senada, Awen Magai meminta Legislator yang juga Ketua DPW Partai Berkarya Provinsi Papua itu untuk konsen menyikapi dinamika sosial kemasyarakatan di Kabupaten Puncak. Kondisi hidup dalam ketidaknyamanan akibat gangguan keamanan harus menjadi prioritas sehingga kedamaian bisa kembali terjadi di Puncak.

“(saya) Bantah sikap seorang DPRP suara terbanyak Dapil Puncak. (waktu) lalu beliau menyikapi persoalan puncak, namun tugas dan tanggung jawab seorang DPRP mewakili Kabupaten Puncak, (seharusnya) beliau tidak hanya bicara banyak, tapi dia juga harus berkontribusi terhadap kenyamanan (Kamtibmas) di Kabupaten Puncak. Kemudian dia ngotot pejabat Puncak untuk naik kerja di Puncak. DPRP Elvis Tabuni ‘kan beliau juga orang asli Puncak, dia tahu persis tentang keadaan Puncak saat ini seperti apa,” kata Awen Magai.

Ia menambahkan, Anggota DPRP Elvis Tabuni perlu untuk meninjau langsung di Kabupaten Puncak sehingga diharapkan dapat meredakan suasana ganggung Kamtibmas dengan suasana kekeluargaan sebagai sesame ‘Anak Puncak’.

“Saran kepada Bapak DPRP Elvis Tabuni, memang rasa gampang menyikapi persoalan Kabupaten Puncak? Pak Elvis secara garis marga atau keluarga yang bikin kacau tembak menembak itu keluarga bagian Bapak DPRP E T. Sesuai pernyataan sikap, saya bantah! Saya selaku kaum intelektual pemilik Gunung Ilun Ilop Puncak Papua, di atas marga saya Wakerkwa Magai, Alom Magai dan Senamum Magai yang mempunyai dusun di atas, menjaga tempat mereka masing-masing di tempat mereka. Yang brutal Kabupaten Puncak adalah keluarga dari Bpk Elvis T. Segera naik ke Kabupaten Puncak, bubarkan orang-orang bikin kacau di Kabupaten Puncak,” tegasnya.

Menurutnya, Tanah Puncak merupakan tanah peradaban Injil Kristen, di mana nilai kebenaran hidup dalam perdamaian dan kasih telah ditanamkan oleh para Misionaris Injil di zaman dahulu. Ia berharap tidak boleh ada pihak manapun yang membuat kekacauan di wilayah Gunung Ilun Ilop itu.

“Di Puncak adalah di mana kebenaran Firman (Tuhan) melalui misionaris itu ditanamkan kepada orang-orang tua kami, di Kabupaten Puncak, Tanah Peradaban Injil! Jangan segelintir orang datang mengacau di daerah Kabupaten Puncak,” tandas Awen Magai.(dzy)

Idul Fitri 1 Syawal 1443 H

dprd kabupaten mimika
keluarga johannes rettob
bpkad kabupaten mimika
kesbangpol kabupaten mimika
perhubungan kabupaten mimika
dprd kabupaten mimika
tanaman pangan kabupaten mimika
pendapatan daerah kabupaten mimika
tp-pkk kabupaten mimika
kampung nawaripi

Tentang Kami

Memberikan informasi yang benar karena kami Berpihak Pada Kebenaran yang Jernihnya Nyata