Main Area

pesparawi xiii

Main

Tokoh Masyarakat Minta Miras Diberantas Habis Dari Timika

Marianus Maknapieku/Foto Dok Tabukanews.com

TIMIKA, TABUKANews.com - Tokoh masyarakat Kamoro, Marianus Maknaipeku meminta kepada Bupati serta Kapolres Mimika untuk memberantas habis peredaran minuman keras (Miras) yang ada di Kabupaten Mimika.

Saat ditemui wartawan di Jalan Budi Utomo, Sabtu (26/1). mengatkan, bahwa sudah seharusnya Miras ditiadakan di Kabupaten Mimika, karena hanya menimbulkan malapetaka dan kehancuran semata.

“Lihat saja apa yang terjadi selama ini di Timika. Perang, pembunuhan, pemerkosaan, pembunuhan, pencurian, itu semua disebabkan karena mereka mengkonsumsi Miras,” tuturnya.

Ia tidak mau melihat Kabupaten Mimika dari tahun ke tahun selalu mengalami nasib yang sama, yakni selalu bertikai hanya karena dipengaruhi minuman keras.

“Sudah banyak orang asli Papua yang meninggal di jalanan karena kecelakaan disaat mengendarai kendaraan disaat mabuk. Ini tidak bisa dibiarkan terus menerus. Ini harus dicegah,” ungkapnya.

Dijelaskan, bahwa untuk wilayah Mapuru Jaya, polisi harus tegas dalam memberantas pabrik pembuatan miras lokal yang selama ini beroperasi agar diberantas dengan tuntas.

“Di Mapuru Jaya selalu ada razia pabrik miras local, tapi nanti ada razia lagi. Itu berarti penertibannya tidak tuntas. Kami mau aparat kepolisian bisa tegas untuk berantas Milo di Mapurjaya, karena warga sering konsumsi Milo lalu bikin onar dan warga jadi resah,” katanya lagi.

Sebelumnya, Ketua DPRD Kabupaten Mimika, Elminus Mom mengatakan, bahwa Miras sudah seharusnya diberantas dari Timika karena tidak memberikan dampak yang positif  bagi perkembangan kota Timika.

“Kalau alasan PAD, berapa sih hasil pajak yang diperoleh dari Miras? Apakah harga itu sebanding dengan puluhan atau bahkan sudah ratusan nyawa yang hilang percuma karena Miras,” imbuhnya. (Tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika