Main Area

Main

TNI-Polri Siaga Amankan Pleno Penetapan DPT

Kompol Tonny Upuya / Foto : Dok Tabukanews.com

TIMIKA, TABUKANes.com - Sebanyak 596 Personel gabungan yang terdiri dari TNI dan Polri siaga menggelar apel pengamanan Pleno Penetapan DPT yang berlangsung di depan Gedung Graha Eme Neme Yauware, Rabu (23/5).

Adapun jumlah personel yang terlibat langsung dalam apel tersebut. Diantaranya, Kodim 1710/Oro Doro Enakoa, Lanal Timika, Lanud Timika, Denkav 3/SC, Brigif 20/IJK, Yonif 754/ENK, Sattar 243/ Mimika, Yon B Brimob Polda Papua, Polres Mimika, dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Mimika.

Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Mimika, Kompol Tonny Upuya kepada media mengatakan, sebanyak 596 personel gabungan TNI Polri siap mengamankan jalannya pleno penetapan DPT dan pleno penetapan Paslon Philbas.

"Yang kita siagakan dari pihak kepolisian terdiri dari Brimob dan Polisi umum," kata Upuya.

Upuya menjelaskan, sebanyak 266 personel dari pihak Kepolisian yang diturunkan terdiri dari Polisi Umum sebanyak 220 personel, Yon B Brimob Timika sebanyak 40 personel dan 60 personel Yon Brimob DIY, sedangkan jumlah personel TNI yang diturunkan sebanyak 210 personel yang terdiri dari, Kodim 1710/Oro Doro Enakoa Mimika, Yonif 754/ENK, Lanal, Lanud, Satrad 243, dan Denkav 3/SC Mimika, dan dari Dishub untuk membantu pengamanan arus lalin.

"Polri 266 personel, Yon B Brimob kurang lebih 40 personel, kemudian Brimob DIY 60 personel, kemudian TNI 210 personel dan dishub 30 personel untuk pengaturan jalan yang akan dibantu oleh Sat Lantas," ujarnya.

Sementara itu terkait jalannya pleno Kata Upuya, pihaknya akan memfokuskan pengamanan baik secara terbuka maupun tertutup dengan jumlah mengoptimalkan personel yang ada. Baik pengamanan jalannya pleno di gedung Graha Eme Neme Yaware, maupun pengamanan di kantor KPU, kantor Panwaslu dan Sekretariat Gakumdu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Untuk pengamanannya akan dilakukan baik terbuka maupun tertutup, maka komposisi dari pada pengaturan itu akan dibagi beberapa tahap yang ada untuk mengantisipasi di KPU maupun di Panwas dan Gakkumdu," ujarnya.

Diketahui pleno yang akan digelar di gedung Graha Eme Neme Yaware merupakan pleno penetapan DPT dan pleno penetapan Paslon Philbas yang hingga saat ini belum diputuskan oleh KPU kabupaten Mimika. (tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika