Main Area

Main

TNI-Polri Diminta Tingkatkan Soliditas

 Penyambutan Kapolri Oleh Danyon Brimob Timika/Foto: Istimewa


TIMIKA, TABUKANews.com - Dalam kunjungannya ke Kabupaten Mimika, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menyempatkan bertemu jajaran TNI-Polri di Mimika.

Pertemuan yang dilakukan di Mako Yon Brimob B Polda Papua di Jalan Agimuga, Mile 32, Minggu (1/4), Kapolri memberikan arahan sekaligus memotivasi seluruh prajurit TNI-Polri di Mimika, khususnya kepada anggota Brimob. Dimana Kapolri menekankan agar TNI- Polri untuk meningkatkan solidaritas dimanapun berada, terlebih di wilayah Mimika.

"Kapolri pada pertemuan tersebut menekan kepada anggota TNI-Polri di Mimika untuk lebih meningkatkan solidaritas," kata Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjend Pol M Iqbal kepada wartawan

Peningkatan solidaritas ini ditekankan oleh Kapolri, dalam rangka menyelesaikan konflik-konflik yang terjadi di Mimika. Yang mana untuk penyelesaian konflik, harus melakukan pendekatan dan upaya persuasif.

Selain itu, kata dia, Kapolri juga menekankan bahwa kunci menyelesaikan konflik adalah pendekatan. Dan TNI-Polri harus dekat di hati masyarakat.

"Kunci dari penanganan konflik di Papua, khususnya Mimika adalah melalui pendekatan persuasif. Dan itu harus dibangun oleh TNI-Polri dengan meningkatkan solidaritas," terang M Iqbal.

Sementara disinggung mengenai OPM. M Iqbal menyampaikan, inti dari kunjungan adalah, Kapolri pulang kampung. Karena beliau pernah jabat Kapolda Papua. Dan untuk hal tersebut, sudah ada Satuan Tugas Khusus (Satgasus), yang akan melakukan pendekatan-pendekatan. Baik dengan tokoh masyarakat, pemerintah daerah, maupun PT Freeport Indonesia.

"Konflik yang terjadi ini, Kapolri intinya lebih menekankan kepada pendekatan persuasif," ujarnya.

Pada kunjungannya ke Kabupaten Mimika, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian didampingi oleh Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar, Pangdam XVII Cenderawasih Mayjend TNI George Elnadus Supit, Kakor Brimob Irjen Pol Rudi Sufahriadi. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika