Main Area

Main

Tinjau Yayasan Kemala Somatua,, Ny Tito Karnavian Terlihat Anggun Kenakan Rompi Outer Blazer Bermotif Kain Tenun Flores

Ny Tito Karnavian beserta rombongan ketika berada di Taman Baca Kemala Somatua./Foto : Tim

 Timika,TabukaNews.Com-Ketikameninjau Yayasan Kemala Somatua yang merupakan kerjasama bersama PT MPAIGELAH beralamat di Jalan SP2 Jalur 3, Ny Tito Karnavian terlihat anggun mengenakan rompi outer blazer bermotif kain tenun ikat Flores pada Jumat (25/10).

Dalam tinjauan tersebut, Ny Tito Karnavian didampingi langsung oleh Direktur PT MPAIGELAH, Maximus Tipigau,Kapolda Papua,Irjen Paulus Waterpauw beserta rombongan disambut dengan pengalungan bunga serta tarian dari anak-anak Taman Baca Kemala Somatua.

Seusai penyambutan,Ny Tito Karnavian beserta rombongan langsung berkeliling melihat-lihat ruang kelas taman baca Kemala Somatua yang berbentuk rumah Honai. Dalam kesempatan tersebut Ny Tito Karnavian juga menyempatkan diri dengan memberikan bingkisan, mengajak anak-anak bermain dan foto bersama.

Disela-sela kegiatan tersebut,Ny Tito Karnavian menyampaikan,bahwa kebetulan dirinya masih merangkap sebagai Ketua Umum Bhayangkari sehingga menyempatkan diri untuk melihat langsung.

“Jadi saya ingin melihat langsung hasil kerja kami ini.Kebetulan saya juga belum melepas sebagai Ketua Umum Bhayangkari, dan juga saya mungkin calon Ketua Tim Penggerak PKK Pusat,"ungkapnya.

Di kesempatan tersebut,Ny Tito Karnavian menyampaikan bahwa taman baca kini telah berkembang dan menjadi kebutuhan masyarakat disini.

"Ini diharapkan menjadi cahaya pendidikan untuk anak-anak di taman baca disini,"ujarnya.

Menurut Ny Tito,bahwa selain taman baca kedepannya direncanakan akan dibangun bengkel untuk menjadi balai latihan kerja bagi pemuda-pemuda.

"Ini untuk anak-anak nanti tapi BLK akan jadi untuk generasi muda,"ungkapnya.

Dikatakan juga,bahwa direncanakan juga akan ada taman rekreasi dari kumpulan beberapa suku,yakni baik dari suku lokal dan juga dari para pendatang. 

"Ini merupakan wujud dari Bhineka Tunggal Ika,”kata Ny Tito.

Disampaikan Ny Tito,bahwa taman baca ini  sudah berdiri dua tahun sejak dibangun dari tahun 2017.

"Ini suatu kebanggaan tersendiri, karena banyak perubahan yang terjadi sejak diresmikannya taman baca, karena anak-anak yang dulunya belum bisa membaca dan lain sebagainya kini sudah semakin pintar,"ungkapnya.

Sementara Direktur PT MPAIGELAH,Maximus Tipigau mengatakan bahwa Yayasan ini merupakan kerjasama MPAIGELA dengan Ny Tito Karnavian yang telah berkembang dan akan dikembangkan terus bagi anak-anak Papua.

Menurutnya, berdirinya Yayasan Somatua ini melihat adanya salah satu akar masalah yang paling vital yakni sulitnya akses pendidikan yang memadai. Oleh karena itu keterbatasan fasilitas dan tenaga pendidikan sudah menjadi problem.

" Sebab pendidikan seharusnya menjadi hak mendasar bagi warga Papua sebagai bagian dari negara Indonesia,sehingga saya dan pemangku lainnya merasa terpanggil untuk bertanggungjawab dan akhirnya didirikannyalah Yayasan Somatua,"ungkapnya.

Ia juga berharap kepada para pengajar dan warga disekitar agar tidak melarang anak-anak ke taman baca.

Untuk diketahui sebelum meninjau taman baca,terlebih dahulu Ny Tito Karnavian beserta rombongan meninjau Kantor MPAIGELA, yang beralamat dinJalan Cenderawasih SP2.(Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika