Main Area

Main

Tinjau Kondisi Pengungsi, Pangdam dan Kapolda Dipuji

Daud Bunga selaku pengurus IKT mewakili pengungsi ketika memberikan masukan dihadapan Menkopolhukam beserta rombongan/Foto :Tim/TabukaNews.Com

Timika,TabukaNews.Com- Pengurus Ikatan Keluarga Toraja (IKT) memuji sikap TNI/Polri yang sangat simpati terhadap kondisi pengungsi. Bahkan pucuk pimpinan tertinggi tingkat provinsi kedua lembaga itu, Pangdam dan Kapolda Papua meninjau langsung kondisi pengungsi di lapangan. 

"Bagi kami ini merupakan suatu perhatian yang luar biasa dimana Pangdam XVII Cenderawasih dan Kapolda Papua turun langsung," kata Daud Bunga selaku pengurus IKT dihadapan Menkopolhukam beserta rombongan di Rimpa Papua Hotel (RPH), Rabu (9/10).

Mewakili keluarga besar IKT yang ada di Kabupaten Mimika, tidak lupa dia memberi apresiasi kepada Pemerintah Daerah dalam hal ini Wakil Bupati Mimika yang telah melihat langsung dan memberikan bantuan.

"Tidak lupa juga kami ucapkan terima kasih banyak kepada seluruh elemen masyarakat yang sudah turut membantu," ucapnya.

Menurut Daud, persoalan yang dialami warga pengungsi dari Wamena dan Ilaga sama persis dialami pengungsi di tempat lain.

"Kondisi rill yang dihadapi sekarang adalah warga pengungsi ingin kembali ke daerah asal mereka masing-masing yang tentunya difasilitasi langsung oleh pihak Pemerintah. Datanya sudah kami siapkan," ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Daud juga mengatakan kondisi anak-anak di posko pengungsian mulai diserang penyakit.

"Tadi kita sudah bawa berobat ke rumah sakit," katanya.

Menanggapi hal itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI, Wiranto mengatakan apa yang  disampaikan sudah dipahami pemerintah.

"Jadi bapak Presiden RI mengusulkan kami untuk datang langsung ke Papua. Kondisi warga pengungsi adalah keadaan darurat sehingga pemerintah memberikan perhatian khusus akan hal ini," kata Wiranto.

Ia juga berharap bantuan yang nantinya diberikan dalam jumlah yang tidak seberapa itu dapat dipergunakan semaksimal mungkin.

"Terkait kepulangan akan diusahakan dan akan dilakukan koordinasi dengan pemerintah setempat," janjinya.(Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika