Main Area

Main

Tingginya Peredaran Narkoba, BNNK Mimika Lakukan Pencegahan Melalui Penyuluhan dan Pemeriksaan Urin

Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Mimika Kompol Mursaling, SH. MH/Foto:Tim

Timika, TabukaNews.com - Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Mimika Kompol Mursaling, SH. MH mengatakan, pihaknya akan melakukan upaya pencegahan dan pemahaman melalui sosialisasi dan penyuluhan kepada seluruh elemen masyarakat Mimika setelah hasil Analisa dan Evaluasi (Anev) dari Direktorat Narkoba Polda Papua, bahwa Kabupaten Mimika menempati urutan pertama peredaran narkoba di wilayah Papua.

"Iya betul kalau Timika dikatakan tertinggi peredaran narkoba di Papua," kata Kepala BNNK Mimika Kompol Mursaling ketika ditemui di ruang kerjanya, Rabu (16/10).

Ia menjelaskan, hasil anev tersebut dilakukan setelah menerima laporan penanganan kasus di masing-masing Polres, nantinya akan direkap untuk menjadi bahan evaluasi terkait peredaran narkoba.

"Karena Polres inikan melakukan melakukan analisa dan evaluasi, jadi setiap wilkum Kabupaten diseluruh Papua, sejauh mana tingkat penyalahgunaan narkotika yang ada diseluruh Papua," jelasnya.

Dalam evaluasi tersebut, akan dilihat total crime tentang narkotika di suatu Polres, setelah membandingkan data beberapa tahun lalu dengan data yang ada, baik triwulan, semester dan pertahun, terkait pengungkapan kasus, penyidikan.

"Apa yang disampaikan Kapolres itu benar, karena Timika menempati posisi pertama dibandingkan dengan kabupaten lain, memang sering kita analisa berapa total crime berkaitan dengan narkotika perbulan, pertriwulan, per semester dan pertahun," ungkapnya.

Oleh sebab itu. Langkah-langkah pencegahan telah dilakukan oleh BNNK Mimika dalam memberikan pemahaman atau sosialisasi terkait bahaya narkoba dalam kehidupan kepada seluruh elemen masyarakat baik dari tingkat sekolah, ASN, TNI, Polri, perusahaan dan masyarakat umum.

"Jadi langkah-langkah yang kita ambil yah, selain melakukan reprsif (pemberantasan), terhadap narkotika, juga kita lakukan kegiatan prepentif dan preemtif dengan cara melakukan sambang atau sosialisasi penyuluhan kepada seluruh elemen masyarakat baik dibungkus pendidikan, ASN, TNI Polri, perusahaan dan masyarakat umum," jelasnya.

Ia berharap, dengan adanya penyuluhan kepada seluruh elemen masyarakat kiranya bisa bermanfaat dan bersama-sama berkomitmen untuk hidup bebas dari narkoba. 

"Kalau kita kerjasama dengan seluruh elemen untuk selalu menyampaikan kepada masyarakat saya kira itu sangat baik, biar para pengedar, dan pengguna bisa sadar dengan sendirinya, pasti akan berdampak pada peredaran karena tidak ada yang mau pakai," harapnya. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika