Main Area

Main

Timika Selenggarakan Race Gasstipis

                                                           Sekertaris IMI Timika Drs. Tanzil Azharie / Foto : Dok Tabukanews.com

TIMIKA, TABUKANews.com - Sekertaris Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kabupaten Mimika Drs. Tansil Azharie mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Mimika menyelenggarakan event Gasstipis yang akan diselenggarakan pada tanggal 4 & 5 Mei. Race Gasstipis tersebut sebagai ajang pencarian bibit dalam cabang olahraga balapan motor untuk persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX.

"Balapan motor Sat Lantas Polres Mimika Gasstipis Champions,  setelah IMI Papua memberikan rekomendasi kepada Panpel untuk menyelenggarakan event ini," kata Tanzil Azharie saat ditemui di bilangan jalan Budi Utomo, Kamis (3/5).

Ia menjelaskan, race Gasstipis yang akan dilaksanakan selama dua hari tersebut akan diikuti oleh pembalap dari Timika, Papua maupun dari Provinsi lain di Indonesia. Sebagian besar pembalap dari luar Papua sudah berada di Timika , dan diperkirakan jumlah racer mencapai 100 orang.

"Kegiatan tersebut mulai dari tanggal 4 dan 5 Mei 2018 mendatang dan akan diikuti oleh pembalap dari seluruh kota besar di Indonesia, dan ada beberapa pembalap dari provinsi lain yang sudah tiba di Timika," jelasnya.

Saat ini kesiapan dari Panpel sudah mencapai 80%, sisanya masih menunggu kedatangan para racer dari luar Timika, sejauh ini Panpel tengah bekerjasama dengan hotel-hotel di Timika untuk mempersiapkan akomodasi dan transportasi bagi peserta.

Sementara itu, pihak Panpel telah bekerjasama dengan pemilik lapangan Timika Indah untuk digunakan sebagai lahan parkir kendaraan peserta, dan juga lokasi untuk membongkar pasang kendaraan. Nantinya untuk tingkat koordinasi menggunakan sistem tranfonder (aplikasi online) agar bisa memudahkan Panpel dan racer dalam berkomunikasi.

"Panoel sendiri sudah menyiapkan berbagai akomodasi dan perlengkapan sudah mencapai 80%," jelasnya.

Sementara itu disinggung mengenai tujuan diselenggarakan race Gasstipis. Kata Tanzil, ajang ini sebagai ajang pencarian bibit yang nantinya akan bertarung pada PON XX yang diselenggarakan di Provinsi Papua.

Ia juga meminta agar pada pemuda di Timika agar bisa menunjukkan bakat pada ajang race yang diselenggarakan oleh IMI Papua, sebagai ajang unjuk kemampuan dalam olahraga, ketimbang mengikuti balapan liar yang akan berbahaya bagi keselamatan masing-masing.

"Tujuan diselenggarakan Gasstipis tersebut untuk mencari bibit yang dipersiapkan untuk mengikuti PON XX di Papua, selain itu juga untuk menyampaikan kepada kaulah muda agar tidak perlu mengikuti balapan liar tapi bagaimana menggunakan kesempatan yang ada untuk unjuk kemampuan," harapnya. (tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika