Main Area

pesparawi xiii
dprd kabupaten mimika

Main

Timika Perpanjang New Normal, Tembagapura PSDD

Timika,TabukaNews.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika kembali memperpanjang Status Tanggap Darurat New Normal untuk kedua kalinya selama 14 hari ke depan terhitung 17 hingga 30 Juli 2020, namun protocol kesehatan tetap dilakukan seperti mencuci tangan, mengunakan masker dan menjaga jarak.
Khususnya untuk wilayah Tembagapura diberlakukan Pembatasan Sosial Diperluas dan Diperketat (PSDD).
Status ini diberlakukan kembali karena tingkatan kasus covid -19 di Tembagapura kembali meningkat sehingga PSDD diberlakukan hingga menunggu apabila ada pengurangan jumlah pasien covid-19 maka PSDD dikembalikan ke status New Normal.
Hal ini ditetapkan dalam rapat evaluasi New Normal antara Pemerintah Daerah Mimika dengan forkompinda dan DPRD di Mozza, Kamis (16/7/20).
Bupati Mimika Eltinus Omaleng kepada wartawan mengatakan tidak banyak perubahan dalam aturan-aturannya. Mimika tetap memberlakukan status tanggap darurat new normal. Namun dalam point M kesepakatan, khusus Tembagapura tetap menerapkan PSDD selama 14 hari.
"Yang berubah hanya satu poin yakni (huruf m) kaitan dengan karyawan. Tembagapura kita berlakukan PSDD selama 14 hari jadi selama waktu ini mereka tidak boleh ke Timika kecuali yang mau cuti," ungkapnya.
Sementara itu, Jubir Tim Gugus Covid 19 Mimika, Reynold Ubra mengatakan, untuk memastikan apakah karyawan diperbolehkan naik, pada Jumat (17/7) pihaknya akan melakukan pertemuan internal dengan managemen PT Freeport Indonesia.
“Kami berharap Tembagapura isolasi total artinya tidak ada yang keluar atau masuk,” ungkapnya.
Dikatakan, Tembagapura menjadi perhatian serius karena penderita terus bertambah. Dimana, pada Kamis malam terjadi empat kasus baru, tiga diantaranya karyawan Freeport dan satu orang keluarga karyawan.
“Kami terus lakukan tracing, hasilnya empat kasus baru dari cluster Tembagapura,” paparnya.
Dengan pemberlakukan PSDD di Tembagapura maka Tim Gugus Tugas akan memperketat pengawasan terhadap karyawan di gorong-gorong dan Mile 32.

Bupati juga menyayangkan oknum karyawan yang melakukan tindakan pelecehkan terhadap Tim Gugus Tugas saat melakukan kontak tracing. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika